Tren Layar Smartphone, dari Poni, Kamera Tersembunyi, hingga "Lubang"

Kompas.com - 22/07/2018, 10:52 WIB
Tampak muka Oppo Find X yang memiliki layar dengan aspect ratio 93,8 persen, tanpa notch, dan bingkai yang tipis.Oik Yusuf/KOMPAS.com Tampak muka Oppo Find X yang memiliki layar dengan aspect ratio 93,8 persen, tanpa notch, dan bingkai yang tipis.

KOMPAS.com - Setelah iPhone X dirilis November 2017 lalu, vendor ponsel Android beramai-ramai menjiplak ciri khas flagship buatan Apple tersebut. Apalagi jika bukan  notch alias bingkai layar yang menjorok ke bagian dalam layar di sisi atas, layaknya poni rambut.

Desain layar poni marak setahun belakangan di ponsel Android di berbagai kelas, mulai dari mid-range hingga high-end. Kendati kehadirannya mungkin dirasa mengganggu, poni diperlukan sebagai tempat kamera depan dan earpiece.

Baca juga: Deretan Ponsel Android yang Tiru Poni Layar iPhone X

Lantas, sampai kapan tren desain notch akan bertahan? Beberapa produsen ponsel Android sudah mulai mencari inovasi lain untuk tetap memperbesar rasio layar terhadap bodi tanpa harus menyisakan notch .

Oppo misalnya, baru-baru ini merilis ponsel flagship baru setelah vakum hingga empat tahun lamanya. Bagian muka perangkat bernama Find X tersebut dipenuhi layar 6,4 inci dengan rasio 93,8 persen berbanding bodi.

Notch disingkirkan dari Find X, sementara kamera depan (berikut kamera belakang) disembunyikan melalui teknologi yang dijuluki "Stealth 3D Camera". Kamera depan dan belakang Oppo Find X tersimpan dalam modul khusus yang akan masuk ke dalam bodi ponsel saat sedang tidak dipakai.

Kamera Oppo Find X dalam keadaan tertutup (kanan) dan terbuka. Punggung transparan pada unit demo ini memperlihatkan mekanisme kerjanya. Di bagian tengah ada micro motor yang berfungsi mendorong dan menarik modul kamera. Sementara di sisi kiri dan kanan ada rel pemandu. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kamera Oppo Find X dalam keadaan tertutup (kanan) dan terbuka. Punggung transparan pada unit demo ini memperlihatkan mekanisme kerjanya. Di bagian tengah ada micro motor yang berfungsi mendorong dan menarik modul kamera. Sementara di sisi kiri dan kanan ada rel pemandu.

Sebelum Oppo, pabrikan Android lain dari Negeri Tirai Bambu, Vivo, ikut memangkas poni dari layar smartpone papan atasnya yang bernama Nex. Seperti Oppo Find X, Vivo Nex menyembunyikan kamera depan di dalam bodi ponsel.

Bedanya, modul kamera Nex berukuran lebih kecil karena hanya memuat kamera selfie, sementara kamera utamanya tetap dibiarkan tersemat di punggung.

Lubang atau jerawat?

Membuat kamera tersembunyi hanya salah satu cara yang ditempuh pabrikan smartphone demi terus melebarkan layar dan menyingkirkan poni. Salah satu kabar terbaru menyebutkan bahwa Huawei tengah menyiapkan perangkat kelas atas baru yang memiliki layar selebar 6,3 inci tanpa notch.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X