Resmi, Smartphone Android One Nokia 6.1 Plus Dijual Rp 4 Jutaan

Kompas.com - 22/07/2018, 14:39 WIB
Nokia X6 yang dirilis global di Hongkong dengan nama Nokia 6.1 Plus GSM ArenaNokia X6 yang dirilis global di Hongkong dengan nama Nokia 6.1 Plus

KOMPAS.com - Setelah banyak rumor beredar, pekan ini akhirnya HMD Global resmi meluncurkan Nokia X6 di luar China dengan nama baru, Nokia 6.1 Plus. Nokia 6.1 membawa spesifikasi yang mirip dengan Nokia X6, dengan perbedaan di sisi software.

Ponsel "poni" pertama Nokia ini termasuk dalam program Android One Google. Sistem operasinya pun menggunakan Android 8.1 Oreo versi "polos" tanpa tambahan custom UI. Penggunanya dijanjikan bakal mendapat update ke OS Android P yang masih menunggu peluncuran final.

Sedikit berbeda dari Nokia X6 yang tersedia dalam beberapa varian konfigurasi RAM dan storage, Nokia 6.1 Plus hanya meyediakan satu varian saja dengan RAM 4 GB dan storage 64 GB yang bisa diperluas hingga 400 GB dengan kartu memori micro SD.

Spesifikasi selebihnya dari Nokia 6.1 Plus terbilang sama dengan Nokia X6 yang dirilis di China Mei lalu. Dapur pacunya menggunakan Snapdragon 636. Di bagian punggung juga masih tersemat kamera ganda dengan masing-masing sensor 16 megapiksel dengan lensa berbukaan f/2.0, dan 5 megapiksel monokrom berbukaan f/2.4.

Kamera belakang dilengkapi dengan LED flash, fitur AI dan mode panorama serta HDR. Sementara kamera selfie memiliki sensor 16 megapiksel dengan bukaan f/2.0. Seperti flagship Nokia sebelumnya, Nokia 6.1 Plus juga didukung fitur foto bothie yang memungkinkan penggunaan kamera depan dan belakang secra bersamaan.

Sensor pemindai sidik jari terdapat di bagian punggung perangkat yang turut dilengkapi dengan face unlock ini. Sementara di bagian muka mengusung layar berbentang 5,8 inci panel LCD IPS dengan rasio 19:9 dengan notch alias poni di atas display. Bagian muka dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Di balik cangkang terbenam baterai berkapasitas 3.060 mAh yang didukung pegisi daya cepat Qualcomm Quick Charge 3. Terdapat pula dua slot kartu SIM yang bersifat hybrid, sehingga harus mengorbankan salah satu slot jika ingin mengekspansi kapasitas storage.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Minggu (22/7/2018), Nokia 6.1 Plus tersedia dalam dua pilihan warna yakni biru dan putih yang siap dijual mulai 24 Juli dengan banderol 2.288 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 4,2 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.