Inikah Spesifikasi “Chip” Smartphone Kelas Atas Berikutnya dari Huawei? - Kompas.com

Inikah Spesifikasi “Chip” Smartphone Kelas Atas Berikutnya dari Huawei?

Kompas.com - 25/07/2018, 12:18 WIB
Ilustrasi chip Huawei KirinHuawei Ilustrasi chip Huawei Kirin
KOMPAS.com - Huawei memiliki lini System-on- Chip (SoC) bernama Kirin yang dipakai di produk-produk smartphone buatannya sendiri. Di urutan teratas ada chip Kirin 970 yang antara lain tersemat di flagship P20 Pro.
 
Pabrikan asal China ini disinyalir sedang mengembangkan chip high-end generasi berikutnya yang bernama Kirin 980. Belakangan bocoran jeroan calon dapur pacu itu mengemuka dan beredar di internet.
 
Menurut informasi yang berkembang, Kirin 980 akan kembali mengusung konfigurasi CPU octa-core dengan dua cluster yang masing-masing berisi empat core berkecepatan tinggi dan empat hemat daya.
 
Keempat core kecepatan tinggi di Kirin 980 kabarnya merupakan CPU ARM Crtex-A77 dengan kecepatan hingga 2,8 GHz. Sementara, empat inti CPU hemat dayanya adalah ARM Cortex-55.
 
Pengolah grafis terintegrasi (GPU) di Kirin 980 diduga merupakan hasil rancangan HiSilicon, anak usaha Huawei yang menangani desain chip mobile. Gosipnya, GPU ini 1,5 kali lebih kencang dibandingkan Adreno 630 yaang tertanam di chip Snapdragon 845 besutan Qualcomm.
 
Seperti Kirin 970 sebelumnya, Kirin 980 diprediksi bakal kembali dibekali dengan Neural Processing Unit (NPU) khusus untuk menangani aneka pengolahan terkait kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI).


Baca juga: Huawei Siapkan Ponsel dengan Layar Berlubang?

 
Menurut informasi yang dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (25/7/2018), Huawei menerapkan teknologi chip AI dari Cambricorn untuk memompa kinerja NPU pada Kirin 980 hingga sanggup mengolah 5 triliun kalkulasi per watt.
 
Huawei kemungkinan bakal mengumumkan Kirin 980 dalam ajang IFA 2018 di Berlin, Jerman, September mendatang, Kirin 970 sebelumnya juga diperkenalkan dalam eksebisi tersebut.
 
Masih butuh waktu sebelum Kirin 980 benar-benar mengemuka dan mulai ditanam di perangkat Huawei. Chip kelas atas ini kabarnya akan melakukan debut di smartphone Huawei seri Mate dan Mate 20 Pro menjelang akhir 2018.

Komentar
Close Ads X