YouTube Uji Coba "Explore" seperti Instagram - Kompas.com

YouTube Uji Coba "Explore" seperti Instagram

Kompas.com - 25/07/2018, 18:46 WIB
Logo YouTube.Reska K. Nistanto/Kompas.com Logo YouTube.

KOMPAS.com - Layanan berbagi video YouTube tengah menguji coba fitur bertajuk “Explore” untuk aplikasi mobile. Mekanismenya serupa dengan fitur bernama sama yang lebih dulu meluncur di Instagram.

Explore pada YouTube menyuguhkan tab khusus berisi kumpulan video yang dianggap relevan dengan selera masing-masing pengguna. Kurasinya berdasarkan video yang disukai (like) dan tipe channel yang diikuti.

“Seiring banyaknya video baru di YouTube setiap menitnya, kami ingin memudahkan pengguna untuk mencari, menonton, dan membagikan video yang berarti bagi mereka,” kata perwakilan YouTube.

“Kami harap tab Explore menjadi ruang bagi para kreator, yang besar dan kecil, untuk menemukan audiens yang tepat sasaran,” ia melanjutkan.

Sebagai awal, tab Explore diuji coba ke segelintir pengguna aplikasi YouTube di iOS. Belum jelas kapan bakal diresmikan untuk seluruh pengguna.

YouTube menegaskan bahwa Explore tak bakal menggantikan fitur “Trending” yang sudah sejak awal ada, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (25/7/2018), dari Google Products Forums.

Baca juga: 7 Fitur Baru Instagram Ancam Snapchat, YouTube, dan Ask.fm

Explore dan Trending memang sama-sama menyuguhkan video-video acak. Bedanya, Explore berbasiskan selera pengguna, sementara Trending berbasiskan selera kolektif alias video yang tengah banyak digandrungi mayoritas orang.

Sebenarnya YouTube di desktop sudah menawarkan video-video sesuai selera pengguna dalam fitur “Recommended”. Lebih kurang algoritmanya akan sama dengan “Explore” di aplikasi mobile.

Seperti apa nantinya fitur ini? Kita tunggu saja hingga YouTube benar-benar memperkenalkannya secara resmi.



Close Ads X