Menguji Kamera Xiaomi Mi A2 yang Sesumbar Punya “20 MP Perfect Lens”

Kompas.com - 26/07/2018, 09:25 WIB
Kamera belakang Mi A2 beresolusi 20 megapiksel dan 12 megapiksel yudha pratomo/KOMPAS.comKamera belakang Mi A2 beresolusi 20 megapiksel dan 12 megapiksel
|

MADRID, KOMPAS.com - Xiaomi secara resmi memperkenalkan Mi A2 sebagai lini ponsel kedua yang masuk dalam jajaran Android One. Ponsel ini digadang-gadang memiliki kemampuan kamera yang jauh lebih baik dari pendahulunya.

Bukan tanpa alasan, Xiaomi Mi A2 memang dilengkapi dengan kamera ganda dengan ukuran yang cukup besar. Satu lensa berukuran 12 megapiksel dan lensa lainnya berukuran 20 megapiksel. Kamera depan pun sama yakni berukuran 20 megapiksel.

Karena inilah Xiaomi berani mengklaim bahwa Mi A2 adalah ponsel "20 megapiksel perfect lens". 

KompasTekno pun mendapat kesempatan menjadi yang pertama kali mencoba ponsel ini. Dalam kurun waktu satu hari, kami membawa ponsel Mi A2 sebagai perangkat utama untuk mengambil gambar.

Seperti pendahulunya, dalam Mi A2 ini juga dibenamkan kemampuan kecerdasan buatan (AI) khusus untuk sektor kamera. Fitur yang disebut Super Pixel ini diklaim mampu menangkap gambar lebih jelas dalam kondisi low light. 

Dari pengujian kami selama satu hari di kota Madrid, Spanyol, kamera belakang Mi A2 memang dapat menangkap objek dengan lebih detail.

Berbeda dengan pendahulunya yakni Mi A1 yang memiliki karakteristik lebih halus, Mi A2 ini lebih akurat dalam menampilkan warna.

Mi A2 digadang-gadang sebagai ponsel 20 megapixel perfect lensyudha pratomo/KOMPAS.com Mi A2 digadang-gadang sebagai ponsel 20 megapixel perfect lens

Saat menggunakan kamera belakang, perbandingan antara warna objek nyata dengan warna yang ada pada layar terlihat lebih natural.

Meski demikian, Xiaomi juga membenamkan fitur High Dynamic Range (HDR) yang membuat warna lebih pekat. Namun, saat kami mencoba menggunakan fitur ini hasilnya tak begitu berbeda dengan pengambilan gambar tanpa mode HDR. 

Hasil jepretan kamera belakang Mi A2 dalam kondisi cahaya yang cukup tanpa mode HDR.  yudha pratomo/KOMPAS.com Hasil jepretan kamera belakang Mi A2 dalam kondisi cahaya yang cukup tanpa mode HDR.

Kamera ganda pada Mi A2 sendiri pun fungsinya dapat beralih secara otomatis. Maksudnya, ketika kondisi cahaya cukup maka Mi A2 akan menggunakan lensa normal. Namun ketika ponsel mendeteksi cahaya yang minim, maka fitur Super Pixel ini akan bekerja dengan sendirinya.

Mi A2 memiliki fitur Super Pixel yang dapat menangkap cahaya lebih banyak pada kondisi remang-remang. yudha pratomo/KOMPAS.com Mi A2 memiliki fitur Super Pixel yang dapat menangkap cahaya lebih banyak pada kondisi remang-remang.

Fitur Super Pixel ini memang efektif untuk menangkap lebih banyak cahaya tanpa membuat noise yang terlalu banyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X