Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Balik Kecepatan Internet iPhone yang Lebih Pelan dari Android

Kompas.com - 26/07/2018, 11:11 WIB
Oik Yusuf,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber MASHABLE

KOMPAS.com - System-on-Chip (SoC) termutakhir Qualcomm, Snapdragon 845 banyak diandalkan untuk deretan ponsel Android high-end, seperti Samsung Galaxy S9 (versi tertentu), ponsel gaming Xiaomi Black Shark, One Plus 6, dan lainnya.

Selain komponen CPU dan GPU, modem LTE X20 yang tertanam di Snapdragon 845 pun diklaim lebih ngebut 20 persen dibandingkan modem X16 di Snapdragon 835 terdahulu.

Kecepatan teoritis X20 mencapai 1,2 Gbps. Itu klaim Qualcomm, bagaimana dengan kinerja sang modem sesungguhnya?

Perusahaan yang berbasis di San Diego, Amerika Serikat itu mencomot data yang dikumpulkan oleh pembut software benchmark Speedtest, Ookla, untuk membandingkan kecepatan internet modem X20 di Snapdragon 845 dengan kompetitornya, dalam hal ini modem Intel XMM7480 dan XMM7360.

Kedua modem Intel tersebut diketahui hadir di perangkat-perangkat iPhone tipe tertentu, seperti yang dibundel dengan kartu SIM operator seluler AT&T dan T-Mobile di Amerika Serikat.

Baca juga: Grafis Snapdragon 845 Ungguli iPhone X?

Data Speedtest yang dikumpulkan dari lebih satu juta pengujian oleh para penggunanya sepanjang kuartal kedua 2018 itu ternyata menunjukkan bahwa kecepatan download rata-rata chip modem X20 Qualcomm bisa 64 persen lebih kencang dibandingkan Intel XMM7480 dan XMM7360, di jaringan AT&T. Sementara, kecepatan upload bisa 41 persen lebih tinggi, lalu latency 27 persen lebih rendah.

Hasilnya setali tiga uang untuk jaringan T-Mobile, di mana X20 tercatat memiliki kecepatan download rata-rata 64 persen lebih ngebut dibanding kedua modem Intel, dengan upload speed 23 persen lebih cepat dan latency 35 persen lebih rendah.

Perbandingan kecepatan modem X20 dengan Intel XMM7480 dan XMM7360 di jaringan AT&T, berdasarkan pengujian Speedtest pada kuartal kedua 2018. Qualcomm Perbandingan kecepatan modem X20 dengan Intel XMM7480 dan XMM7360 di jaringan AT&T, berdasarkan pengujian Speedtest pada kuartal kedua 2018.

Dua modem berbeda di iPhone

Qualcomm memakai hasil uji Speedtest untuk menggembar-gemborkan kecepatan 4G LTE dari modem bikinannya. Tak disebutkan berapa hasil uji untuk modem X16 di Snapdragon 835. Namun, karena tertinggal satu generasi, bisa diasumsikan bahwa kecepatannya tak akan setinggi X20.

Dalam sebuah posting di situsnya, Qualcomm membandingkan langsung kecepatan X20 dengan Intel XMM7480 dan XMM7360. Boleh jadi hal itu merupakan sindiran terhadap Intel dan iPhone sekaligus, mengingat hubungan Apple dan Qualcomm belakangan merenggang menyusul sengketa royalti antar kedua perusahaan.

Baca juga: Sengketa Apple-Qualcomm dan Masa Depan Keduanya

Apple menuding Qualcomm menarik royalti terlalu besar untuk produk chip buatannya yang dipakai di iPhone. Apple lantas mencoba mengurangi ketergantungan terhadap Qualcomm dengan beralih ke Intel sebagai pabrikan chip modem iPhone.

Namun Intel masih belum bisa memasok chip modem dalam jumlah memadai untuk semua iPhone sehingga Apple masih harus membeli chip dari Qualcomm. Jadilah sebagian iPhone memakai chip modem Intel, sementara lainnya menggunakan modem Qualcomm.

Lebih pelan dari Android

Beberapa waktu lalu, PC Magazine sempat mengungkapkan bahwa memang ada perbedaan kecepatan internet antara iPhone X yang memakai modem Intel (XMM7480) dan modem Qualcomm (X16).

iPhone X dengan modem Intel ternyata memiliki kecepatan akses internet yang lebih pelan dibandingkan saudaranya yang memakai X16.

Halaman:
Sumber MASHABLE
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com