Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ponsel Ini Bikin Samsung Kalahkan Xiaomi di India

Kompas.com - 27/07/2018, 10:18 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama dua kuartal terakhir, secara berturut-turut Xiaomi duduk manis di posisi pertama pengapalan smartphone di India. Namun Xiaomi harus legowo setelah vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung kembali merajai pasar India pada kuartal-II 2018 ini.

Peringkat teratas kembali disandang Samsung disebut berkat smartphone kelas menengah Galaxy J6 dan J8. Samsung Galaxy J6 sekaligus menjadi smartphone paling laris ketiga di India pada periode April hingga Juni 2018.

Galaxy J-series menawarkan cukup banyak fitur menarik di levelnya, seperti infinity display, dual-camera, dan face unlock. Selain itu, distribursi offline dan iklan pemasaran yang agresif untuk lini J-series ikut mendongkrak popularitas.

Baca juga: Samsung Resmikan Galaxy J6 dan J8, Ini Spesifikasi dan Harganya

Kendati demikian, Samsung belum bisa bernafas lega. Sebab, meski disalip, Xiaomi masih menempel Samsung dengan selisih persentase pengapalan hanya satu persen.

Pengapalan smartphone di India kuartal-IICounterpoint Research Pengapalan smartphone di India kuartal-II
Menurut data dari Counterpoint Research Market Monitor yang dirangkum KompasTekno via Phone Arena, Jumat (27/7/2018), pengapalan Xiaomi mencapai 28 persen, sementara Samsung 29 persen pada periode April-Juni.

Baca juga: Samsung Bakal Ikut Bikin Ponsel Gaming Android?

Vendor asal China lain yakni Vivo merangsek ke posisi ketiga dengan market share pengapalan 12 persen, disusul Oppo sebesar sepuluh persen yang menempati posisi empat.

Honor yang merupakan sub-brand Huawei berada di posisi kelima dengan persentase market share pengapalan tiga persen.

India adalah negara dengan populasi terpadat kedua di dunia sekaligus menjadi pasar smartphone terbesar kedua setelah China. Menurut data sensus dari United State Census Bureau yang dirilis 1 Juli 2018, jumlah penduduk India mencapai 1,296,834,042 jiwa.

Di negara tersebut budget phone alias ponsel dengan harga murah sangat digemari. Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5 Pro misalnya, menjadi smartphone terlaris pertama dan kedua secara berurutan.

Baca juga: Ini Daftar 10 Ponsel Terlaris Sepanjang Masa

Sementara Redmi Note 5 menjadi terlaris keempat setelah Galaxy j6 dan Vivo Y71 menjadi smartphone paling laris kelima di India. Di level papan atas, One Plus 6 menjadi model premium terpoluper di Negeri Anak Benua itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com