Kekayaan Zuckerberg Terpangkas Rp 226 Triliun

Kompas.com - 28/07/2018, 12:19 WIB
CEO Facebook Mark Zuckerberg saat memberikan kesaksian di depan senat atas skandal kebocoran data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica. Brendan Smialowski / AFPCEO Facebook Mark Zuckerberg saat memberikan kesaksian di depan senat atas skandal kebocoran data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Facebook mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal kedua 2018 pekan ini. Pasca paparan yang meleset dari proyeksi analis tersebut, nilai saham perusahan jejaring sosial itu tercatat jeblok hingga 20 persen dalam perdagangan hari Kamis kemarin.

Nilai kekayaan Mark Zuckerberg selaku pendiri sekaligus CEO yang memiliki sebagian saham Facebook pun dilaporkan terpangkas hingga 15,7 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 226 triliun.

Posisi Zuckerberg di tangga orang-orang terkaya dunia lansiran Forbes pun terjerembap ke posisi keenam, dari sebelumnya di urutan keempat.

Kekayaannnya kini berada di bawah investor Warren Buffet dan pengusaha fashion Amancio Ortega. Selisih harta Zuckerberg dengan pendiri Amazon Jeff Bezos yang duduk di puncak daftar orang terkaya mencapai kisaran 81 miliar dollar AS.

Di akhir perdagangan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Sabtu (28/7/2018), nilai saham Facebook ditutup melemah 19 persen di angka 176,26 dollar AS per lembar.

Nilai kapitalisasi pasar Facebook merosot sebesar 120 miliar dollar AS (Rp 1.733 triliun) atau hampir empat kali lipat market capitalization Twitter secara keseluruhan.

Baca juga: Facebook Kehilangan 1 Juta Pengguna Karena Aturan Baru Internet

Facebook sebenarnya meraup pendapatan 13,2 miliar dollar AS pada kuartal yang bersangkutan. naik 42 persen dari kuartal yang sama tahun lalu. Hanya saja, angka itu rupanya masih belum cukup untuk memuaskan investor.

Ditambah lagi Facebook sendiri memproyeksikan pertumbuhan pendapatannya bakal melambat selagi merombak kebijakan seputar privasi pengguna, menyusul skandal kebocoran data Cambridge Analytica beberapa waktu lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X