Alasan Oppo Membuat Kamera Tersembunyi di Find X

Kompas.com - 30/07/2018, 07:26 WIB
Tampak punggung Oppo Find X, sisi kiri dalam posisi kamera aktif dengan modul kamera bergeser ke atas dan sisi kanan dalam posisi kamera sedang tidak digunakan. Dalam posisi kamera tidak aktif, Oppo Find X seakan tidak memiliki kamera sama sekali.Oik Yusuf/KOMPAS.com Tampak punggung Oppo Find X, sisi kiri dalam posisi kamera aktif dengan modul kamera bergeser ke atas dan sisi kanan dalam posisi kamera sedang tidak digunakan. Dalam posisi kamera tidak aktif, Oppo Find X seakan tidak memiliki kamera sama sekali.

SURABAYA, KOMPAS.com - Dibandingkan smartphone flagship lain di pasaran, Oppo Find X memiliki keunikan berupa modul Stealth 3D Camera yang akan menyembunyikan kamera depan dan belakang di dalam bodi perangkat saat sedang tidak dipakai.

Alhasil, layar Oppo Find X pun bisa memenuhi bagian depan dengan rasio hingga 93,8 persen berbanding bodi, tanpa perlu direcoki oleh notch alias "poni" di bagian atas yang biasanya diperlukan untuk memuat kamera depan.

Pihak Oppo ternyata memang sengaja menerapkan inovasi itu agar Find X tampil berbeda dari perangkat lain sekelasnya. Hal ini diungkapkan oleh PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto saat berbicara dalam acara Gadget Story KOMPAS.com bersama Find X di Surabaya, Sabtu (28/7/2018).

"Flagship itu desainnya harus berbeda antar generasi. Dengan kamera yang tersembunyi, Find X tampak tidak konvensional saat ini," ujar Aryo.

Pertimbangan lain adalah dari aspek sekuriti. Kamera yang tersembunyi di balik bodi relatif lebih aman dari faktor eksternal seperti goresan. Oppo turut melapis kamera depan dan belakang dengan kaca scratch resistant Gorilla Glass 5 untuk memperkuat proteksi.

Ada pula kekhawatiran soal privasi. Misalnya kekhawatiran bahwa aplikasi tertentu atau Malware bisa mengambil foto pengguna secara diam-diam.

"Untuk Find X, aplikasi apapun tidak akan bisa mengambil foto tanpa sepengetahuan pengguna karena modul kamera akan bergeser ke atas sebelum bisa menjepret," imbuh Aryo.

Daya tahan kamera tersembunyi

Modul Stealth 3D Camera Oppo Find X menggunakan mekanisme geser (slider) dengan penggerak micro motor. Daya tahannya diklaim  mencapai 300.000 kali naik-turun.

Menurut Aryo, rating "300.000" kali itu berarti kamera Oppo Find X bakal mampu bertahan selama setidaknya 5 tahun.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X