Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Huawei Diblokir oleh Aplikasi Pemutar Musik VLC

Kompas.com - 30/07/2018, 12:13 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pekan lalu, tiba-tiba ponsel Huawei tidak bisa mengunduh aplikasi media player VLC bersutan VideoLAN dari toko aplikasi Android Google Play Store.

VideoLAN kemudian memberi pernyataan bahwa pihaknya memang sengaja memblokir (blacklist) smartphone Huawei. Ada apa gerangan?

Rupanya VideoLAN merasa keberatan dengan fungsi penghematan daya baterai di ponsel-ponsel terbaru. Fungsi ini cenderung mematikan hampir semua aplikasi yang berjalan di background, kecuali aplikasi buatan Huawei sendiri.

Aplikasi pihak ketiga macam VLC pun tak bisa berfungsi normal. Fitur background aplikasi pemutar musik ini mogok di ponsel Huawei.

“Kebijakan konyol mereka (Huawei) mematikan semua aplikasi background (kecuali milik mereka sendiri) mengganggu fungsi audio background playback VLC (tentu saja),” kicau VideoLAN dalam sebuah tweet.

“Memblokir fungsi-fungsi normal Android adalah tindakan yang abnormal. Kenapa tidak sekalian saja matikan semua aplikasi dan ponselnya. Itu akan jauh lebih menghemat baterai!” semprot VideoLAN.

Pengguna sebenarnya bisa menon-aktifkan fungsi penghemat daya agar aplikasi background macam VLC bisa berjalan normal. Namun, VideoLAN mengklaim kebanyakan pengguna tak tahu cara untuk melakukan hal ini.

Walhasil, aplikasi VLC di Play Store pun dihujani ulasan negatif dari pengguna yang mengalami gangguan fungsi aplikasi.

Tak semua ponsel Huawei jadi sasaran blokir VLC. VideoLAN secara spesifik hanya memasukkan model-model terbaru seperti seri Huawei P8, P10, dan P20 yang memiliki fitur penghemat baterai dimaksud.

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (30/7/2018), para pengguna ponsel Huawei tersebut sebenarnya masih bisa memasang aplikasi VLC, yakni dengan cara mengunduh file instalasi APK dari situs VideoLAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com