Fasilitas Makan Gratis di Google dan Facebook Didesak Dihentikan

Kompas.com - 30/07/2018, 18:18 WIB
Cetakan-cetakan batik cap aneka pola menghiasi logo Google di kantornya di Indonesia Oik Yusuf/Kompas.comCetakan-cetakan batik cap aneka pola menghiasi logo Google di kantornya di Indonesia
|

KOMPAS.com - Selama ini perusahaan besar semacam Google dan Facebook kerap memberi layanan makan siang gratis pada para pegawainya. Namun layanan ini dituntut untuk dihentikan karena dianggap merugikan para pengusaha lokal di sekitar perusahaan.

Ahsha Safai, salah satu orang yang mendesak agar layanan makan siang gratis ini dihentikan mengatakan bahwa maraknya perusahaan teknologi yang bermarkas di kawasan San Francisco, AS, malah memberi efek negatif pada warga sekitar.

Ia mengatakan salah satu dampak yang cukup besar ada pada sektor industri makanan cepat saji atau restoran. Alih-alih memberi keuntungan pada restoran lokal di sekitar, perusahaan malah "menahan" karyawan agar tak berbelanja di luar dengan adanya layanan makan siang gratis tersebut.

Tentu saja, ini sangat berpengaruh pada pendapatan warga lokal yang menggantungkan hidupnya pada bisnis makanan ini.

"Ketika Anda menempatkan bisnis Anda dalam lingkungan dengan ekonomi lokal, maka Anda harus meningkatkan dan berkontribusi pada ekonomi itu," kata Safai, dikutip KompasTekno dari Buzzfeed, Senin (30/7/2018).

Ia melanjutkan, bahwa dengan didorongnya peraturan untuk meniadakan layanan makan siang gratis untuk karyawan, diharapkan pelaku usaha lokal di sekitar akan semakin terdongkrak pendapatannya.

Anthony Myint, salah satu pemilik restoran yang ada di sekitar perusahaan pun merasakan dampak negatif dari layanan makan siang gratis ini. Ia mengakui selama ini jarang ada karyawan yang datang ke restorannya. Alhasil, pendapatannya selama ini cenderung stagnan tanpa ada peningkatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada delapan restoran di sekitar. Restoran tersebut memiliki koki yang andal. Tapi hampir semua tutup," ungkapnya.

Namun tentu saja tak semua setuju dengan adanya usulan ini. Khususnya para karyawan yang telah dimanjakan oleh kebijakan makan siang gratis dari perusahaan.

John, salah satu pekerja yang perusahaannya memiliki layanan makan siang gratis mengatakan bahwa layanan tersebut dibuat agar karyawan tak kesulitan mencari makan siang di sela-sela pekerjaan.

Baca juga: 19 Kata yang Hanya Dimengerti oleh Karyawan Google

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BuzzFeed
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.