Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Pakai PCB Palsu di Mi 8 Explorer Edition

Kompas.com - 31/07/2018, 10:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Beberapa bulan lalu, Xiaomi merilis Mi 8 “Explorer Edition”. Varian tersebut mengundang perhatian para MiFans, sebab desainnya yang unik.

Pada bagian punggung, pelindung dibuat transparan sehingga pengguna seakan bisa melihat Printed Circuit Board (PCB) Mi 8 “Explorer Edition”. PCB itu salah satunya mematrikan prosesor yang menjalankan ponsel.

Akan tetapi, PCB yang kasatmata itu ternyata palsu, bukan papan sirkuit asli yang berfungsi. Hal ini telah menjadi rahasia umum dan Xiaomi tak menutup-nutupinya.

Menurut salah satu perwakilan Xiaomi, PCB yang terlihat pada Mi 8 “Explorer Edition” hanya bersifat dekoratif. Sejak awal sang pabrikan China itu mengklaim tak berniat menipu para MiFans.

Ketika pertama kali meluncur, Mi 8 “Explorer Edition” diindikasikan mengusung esensi keterbukaan. Xiaomi menyebut pengguna bisa mengintip komponen penyusun ponsel.

Baca juga: Xiaomi Mi 8 Resmi Meluncur dalam 3 Versi, Ini Spesifikasi dan Harganya

Meski mula-mula tak dipastikan komponen itu dekoratif atau nyata, para MiFans terlanjur punya persepsi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (31/7/2018), dari Ubergizmo.

Adapun PCB asli Mi 8 “Explorer Edition” tersembunyi di sisi yang lebih dalam dan mungkin secara visual tak sekeren yang terpampang nyata. PCB yang asli membutuhkan tempat yang lebih nyaman sehingga sistem pendinginnya bisa bekerja lebih baik.

Mi 8 merupakan flagship yang dirilis untuk memeringati ulang tahun Xiaomi. Ponsel ini terdiri dari tiga varian, yakni standar, “Explorer Edition” dan “SE”. Untuk versi punggung transparain, harganya dibanderol sekitar Rp 8 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com