Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metallica Pakai Spotify untuk Pilih Lagu Konser

Kompas.com - 31/07/2018, 12:16 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Quartz
KOMPAS.com - Bukan hanya meraih pendengar, layanan streaming macam Spotify ternyata juga bisa membantu musisi memilih lagu mana yang akan dimainkan sewaktu konser. 
 
Inilah yang kabarnya dilakukan oleh Metallica. Band heavy metal asal Amerika Serikat itu membuat daftar lagu konser dengan melihat lagu apa yang populer di wilayah tempat mereka akan manggung.
 
“Metallica mengubah setlist dari kota ke kota hanya dengan melihat lagu populer di area terkait,” ujar CEO Spotify Daniel Ek dalam conference call pasca-publikasi laporan keuangan Spotify pekan lalu.
 
“Sebelumnya, belum pernah ada kejadian di mana Anda bisa membuat keputusan seperti itu dan mengerti audiens,” lanjut Ek, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Quartz, Senin (31/7/2018).
 
Spotify memang mengumpulkan statistik pemutaran lagu oleh pelanggannya, lalu meneruskan informasi itu ke pihak musisi dan label. Ek mengatakan hal tersebut adalah salah satu cara Spotify untuk berkontribusi ke industri musik.

Baca juga: Jadi Perusahaan Publik, Spotify Beberkan Jumlah Pelanggan Berbayar

 
Metallica sendiri belum berkomentar. Namun, band tersebut diketahui memang sering mengubah daftar lagu konser mereka supaya audiens di masing-masing lokasi bisa mendapat pengalaman yang berbeda.
 
Drummer Lars Ulrich tahun lalu pernah menuturkan bahwa dia melihat apa saja lagu populer di radio setempat, dalam menyusun daftar lagu untuk konser.
 
“Ada lagu-lagu tertentu yang wajib kami mainkan,” kata Ulrich ketika itu. “Saya tak memainkan setlist yang sama dua kali dan selalu mencoba memainkan lagu berbeda di tiap kota.”
 
Metallica pernah mengambil langkah berseberangan dengan situs file sharing Napster yang sering dipakai mengunduh lagu secara ilegal, pada permulaan abad ke-21.
 
Belakangan, band tersebut mengubah sikapnya dan merangkul penyedia musik digital. Metallica kemudian merilis katalog lagunya untuk pendengar Spotify pada 2012. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Quartz
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com