Mode Gelap YouTube Hadir di Android

Kompas.com - 31/07/2018, 13:32 WIB
Ilustrasi aplikasi YouTube IstIlustrasi aplikasi YouTube

KOMPAS.com - Setelah pada Maret lalu hadir untuk perangkat iOS, mode gelap pada aplikasi YouTube kini bisa dinikmati oleh para pengguna Android. Google resmi merilis fitur ini secara bertahap pada para pengguna Android.

Mode gelap ini dibuat atas permintaan para pengguna. Mode gelap diyakini lebih aman bagi mata dan juga dapat menghemat baterai ponsel.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Selasa (31/7/2018), fitur ini sejatinya sudah mulai dirilis pada 28 Juli lalu namun belum disebar secara merata pada seluruh pengguna. Pengguna YouTube Android di beberapa regional harus bersabar untuk menunggu fitur ini.

Untuk mengubah tampilan ke mode gelap, cara mudah. Anda cukup mengetuk gambar profil Anda pada bagian kanan atas ponsel untuk masuk ke menu setting. Pada menu tersebut terdapat pilihan untuk mengaktifkan "dark theme".

Jika pilihan tersebut diaktifkan, maka secara otomatis tampilan akan berubah dengan warna hitam yang dominan.

Sayangnya pengguna YouTube di Indonesia masih harus gigit jari untuk menunggu kehadiran fitur ini. Saat KompasTekno mencoba di beberapa perangkat dengan akun yang berbeda, fitur ini masih belum dapat kami temukan.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Gelap Tersembunyi di YouTube

Dengan dirilisnya mode gelap ini pada ponsel Android, Google telah memenuhi janjinya untuk merilis fitur tersebut pada iOS dan Android tahun ini.

Sebelumnya pada akhir 2017 lalu, mode gelap ini hadir untuk penikmat YouTube versi desktop. Kemudian pada Maret lalu mode gelap ini dirilis untuk perangkat iOS dan kali ini giliran perangkat Android yang kebagian untuk mencobanya.

Dengan pembaruan ini, YouTube menambah panjang daftar aplikasi yang menyertakan mode gelap untuk pengguna.

Selain YouTube ada pula Twitter, Reddit, Feedly dan masih banyak lagi aplikasi yang memiliki pengaturan mode gelap. Ini tentu saja dikarenakan perusahaan memperhitungkan kesehatan dan kenyamanan mata pengguna yang kerap terus menerus menatap layar hingga berjam-jam.

YouTube sendiri sampai saat ini sudah memiliki pengguna aktif mencapai angka 1,9 miliar setiap bulan dan menghabiskan waktu lebih dari 180 juta jam setiap harinya untuk menonton tayangan-tayangan di platform ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X