Kompas.com - 31/07/2018, 16:15 WIB
Modus penipuan baru menyasar pengguna iPhone. ArsTechnicaModus penipuan baru menyasar pengguna iPhone.

KOMPAS.com - Penipuan dengan modus memancing korban untuk menyerahkan data personalnya atau biasa diistilahkan "phising scam" sudah menjadi fenomena lazim. Baru-baru ini, phising scam yang terkuak menyasar para pengguna iPhone.

Lebih tepatnya, pengguna iPhone yang alamat e-mailnya terasosiasi dengan layanan penyimpanan iCloud. Jika biasanya phising scam membuat korban membuka sebuah tautan berbahaya via e-mail, maka kali ini sedikit berbeda.

Ketika korban membuka e-mail bermuatan phising scam, mereka bakal diarahkan untuk menelepon sebuah nomor tak diketahui. Penerima telepon akan berpura-pura menjadi pegawai Apple Care.

Pengalaman ArsTechnica yang dihimpun KompasTekno, Selasa (31/7/2018), pegawai palsu Apple yang menerima teleponnya bernama Lance Roger. Ia bertutur sopan sehingga korban bisa benar-benar percaya perkataannya.

Baca juga: Mengenal Wangiri, Penipuan Berkedok Missed Call dari Luar Negeri

Jika Anda mengikuti arahannya, tanpa sadar data personal yang terhimpun pada smartphone Anda bakal dicuri oleh pihak tak bertanggung jawab. Konsekuensinya macam-macam, bisa merugikan secara materil dan moril.

Apple bertindak cepat mengakomodir masalah ini. E-mail dan situs dari phising scam tersebut telah ditandai sebagai penipuan. Pengguna pun diminta untuk lebih berhati-hati dalam berkomunikasi maya dengan pihak-pihak yang tak dikenal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peristiwa ini memang tak terjadi di Indonesia, tetapi tak menutup kemungkinan modus serupa juga bakal diterapkan di sini. Karenanya sebelum membuka tautan atau berkomunikasi via telepon dengan pihak asing, sebaiknya lebih kritis dan tak termakan pancingan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.