Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirrorless Fujifilm X-T3 Didampingi “Vertical Grip” Baru?

Kompas.com - 31/07/2018, 18:03 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fujifilm kabarnya sedang bersiap meluncurkan kamera mirrorless kelas atas baru bernama X-T3, sebagai penerus model sebelumnya, X-T2, yang dirilis dua tahun lalu. 
 
Belakangan rumor tentang kamera ini mulai banyak beredar. Salah satunya yang terbaru meyebutkan bahwa X-T3 bakal didampingi aksesori vertical grip model baru yang nomor modelnya belum diketahui.
 
Vertical grip adalah aksesori berupa “pegangan” tambahan yang dipasang di bagian bawah bodi kamera. Fungsinya adalah mempermudah pemakaian saat kamera dipakai dalam orientasi portrait, selain memuat baterai tambahan.
 
Belum diketahui apakah vertical grip baru untuk Fujifilm X-T3 ini akan turut kompatibel dengan X-T2 atau tidak
 
Namun, Informasi yang dirangkum KompasTekno dari Fuji Rumors, Selasa (31/7/2018) menyebutkan bahwa X-T3 tetap akan memakai baterai NP-W126S yang juga digunakan di X-T2.

Baca juga: Fujifilm XT-100, Mirrorless Mirip DLSR Seharga Rp 8 Jutaan

 
Rumor sebelumnya sempat mengatakan bahwa Fujifilm akan memperpanjang daya tahan baterai di X-T3, tapi belum diketahui berapa lama persisnya.
 
Pertama dari luar Jepang

Tanda-tanda kehadiran Fujifilm X-T3 antara lain diketahui dari bocoran dokumen otoritas telekomunikasi AS, FCC, soal penerbitan sertifikasi untuk sang kamera terkait.

 
Bocoran dokumen tersebut ikut menyebutkan bahwa X-T3 bakal diproduksi di China. Jika benar, maka X-T3 akan menjadi kamera mirrorless flagship pertama dari Fujifilm yang bukan dibuat di Jepang.
 
Ada juga gosip tentang sensor APS-C milik X-T3 yang kabarnya memiliki resolusi 26 megapiksel, serta LCD bagian belakang dengan touch input. 
 
Berbeda dari X-H1, Fufijilm X-T3 diprediksi tidak akan memiliki in-body image stabilizer sehingga tetap harus mengandalkan peredam goyangan yang tertanam di lensa. 
 
X-T3 diperkirakan bakal meluncur secara resmi dalam ajang fotografi Photokina 2018 di Berlin, Jerman, akhir September mendatang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com