Video Kepanikan Penumpang Pesawat Berhamburan Keluar Gara-gara Ponsel Meledak

Kompas.com - 01/08/2018, 13:49 WIB
Suasana kepanikan penumpang saat keluar dari pesawat menggunakan seluncur darurat, setelah baterai ponsel terbakar di kabin pesawat Ryan Air. IstimewaSuasana kepanikan penumpang saat keluar dari pesawat menggunakan seluncur darurat, setelah baterai ponsel terbakar di kabin pesawat Ryan Air.

KOMPAS.com - Penumpang pesawat maskapai Ryan Air berhamburan keluar melalui pintu darurat setelah baterai ponsel salah satu penumpang meledak. Peristiwa itu terjadi Selasa (31/7/2018) sore sekitar pukul 17.30 di bandara El Prat, Barcelona.

Diketahui, pesawat Ryan Air hendak bertolak dari Barcelona menuju Ibiza saat peristiwa nahas tersebut terjadi. Salah satu penumpang Ryan Air mengungkapkan jika pesawat baru saja lepas landas dari bandara.

Saat baterai ponsel meledak, pesawat baru berada di ketingggian sekitar 30 meter, lalu mulai mengeluarkan asap. Salah satu penumpang bernama Jordi Vilagut, mengatakan asap mulai memenuhi pesawat dan terdapat beberapa percikan api akibat baterai yang meledak.

Diwartakan Express yang dirangkum KompasTekno, Rabu (1/8/2018), baterai ponsel yang meledak diduga berasal dari salah satu penumpang asal Selandia Baru. Perangkatnya diduga berada di dalam koper yang diletakan di dalam kabin.

Pihak maskapai menjelaskan, ponsel yang meledak sedang dalam kondisi diis dayanya dengan powerbank. Tidak disebutkan ponsel jenis apa yang menjadi penyebab ledakan tersebut.

"Para penumpang pesawat dari Barcelona ke Ibiza telah dievakuasi dari pesawat ke tempat yang aman di terminal, dan para kru pesawat telah mengamankan perangkat (yang meledak)," jelas perwakilan Ryan Air.

Baca juga: Ponsel Meledak Tewaskan CEO Startup Malaysia

Ia menambahkan jika pihak maskapai sedang mengupayakan penggantian pesawat untuk mengakomodasi para penumpang secepatnya. Dalam video yang beredar, seorang petugas bandara dan kru pesawat menginstruksikan para penumpang untuk bergegas keluar menggunakan seluncur darurat.

Akibatnya, beberapa penumpang saling bertubrukan dan beberapa ada yang terpental ke samping parasut seluncur darurat.

"Untungnya, saya berada di barisan depan, lalu saya buka pintu darurat sebelum pilot mengaktifkan seluncur parasut," jelas salah satu penumpang.

Tidak ada korban terluka akibat kejadian ini. Petugas pemadam kebakaran pun tidak ada yang dipanggil untuk mengatasi baterai yang meledak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X