Kompas.com - 01/08/2018, 18:16 WIB

KOMPAS.com - Konsol game PlayStation 4 (PS4) terjual sebanyak 3,2 juta unit selama tiga bulan terakhir. Hal ini disampaikan Sony melalui laporan bisnisnya untuk kuartal kedua (Q2) 2018.

Secara total, Sony sudah menjual 82 juta unit PS4 selama lima tahun, sejak pertama kali dirilis pada November 2013 silam. Ini merupakan pencapaian baru bagi raksasa teknologi Jepang tersebut.

Penjualan 82 juta unit PS4 telah mengalahkan PS3 yang hanya terjual 80 juta unit selama masa pemasarannya. Kendati begitu, PS2 masih tetap mencatat rekor penjualan terbaik, yakni 150 juta unit.

Meski angka penjualan PS4 cukup membanggakan, tetapi perlambatan pertumbuhan tetap tak terelakkan. Jika dibandingkan Q2 2017, performa penjualan pada Q2 2018 sedikit menurun.

Sony mencatat penjualan 3,3 juta unit PS4 pada Q2 2017 atau satu juta unit lebih banyak ketimbang di Q2 2018, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (1/8/2019) dari GameSpot.

Baca juga: Google Bikin Konsol Pesaing PlayStation dan Xbox?

Hingga tutup tahun ini, Sony memprediksi PS4 bakal terjual sebanyak 17 juta unit. Angka itu lebih tinggi ketimbang ramalan sebelumnya yang dipatok 16 juta unit.

Meski demikian, angka itu tetap lebih rendah ketimbang pembukuan pada 2017 lalu, di mana Sony menggenapkan penjualan PS4 sebanyak 19 juta unit. Agaknya PS4 tengah memasuki akhir masa hidupnya untuk segera digantikan konsol baru.

Belum jelas kapan Sony akan menghadirkan PS5 sebagai generasi baru konsol andalannya. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gamespot
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.