Kirim Gmail di Android Bakal Bisa Dijadwal?

Kompas.com - 01/08/2018, 18:42 WIB
Smart Reply di Gmail NeowinSmart Reply di Gmail

KOMPAS.com - Aplikasi Gmail untuk Android agaknya bakal dibubuhkan fitur baru untuk menjadwalkan pengiriman e-mail. Hal ini terendus dari kode pemrograman aplikasi Gmail yang mematrikan perintah “menu_schedule_send”.

Sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadwalkan pengiriman e-mail. Misalnya saja melalui situs “Boomerang” untuk Gmail, ekstensi “Schedule e-mail” di Chrome, atau “Google Sheets Script”.

Intinya, penjadwalan e-mail via Gmail perlu melibatkan pihak ketiga. Jika fiturnya tersemat di Gmail, tentu bakal lebih memudahkan aktivitas para pengguna.

Pebisnis bisa menjadwalkan e-mail selama periode tertentu yang sesuai dengan kebiasaan baca audiens mereka. Firma PR bisa pula memanfaatkan fitur ini untuk menjadwalkan rilis pers bagi media massa, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (1/8/2018), dari DigitalTrends.

Baca juga: Gmail Resmi Dirombak, Ini Deretan Fitur Barunya

Ada banyak contoh kasus yang dipermudah fitur penjadwalan e-mail, meski hingga kini Google belum mengonfirmasinya. Bocoran kode pemrograman pun tak membeberkan informasi soal kapan fitur itu bisa dinikmati semua pengguna.

Jika fitur ini benar-benar dirilis, Gmail sejatinya bukanlah inisiator. Sebelumnya, Microsoft Outlook lebih dulu menyematkan fitur tersebut, di mana pengguna bisa menyetel tanggal dan jam pengiriman e-mail melalui menu “Delivery Options”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlepas dari itu, Gmail memang agaknya tengah fokus mematangkan layanannya. Pada awal tahun ini, desain antarmuka Gmail dirombak cukup signifikan. Ada beberapa fitur yang ditambah, misalnya saja smart reply untuk membalas cepat e-mail template.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.