Facebook dan Instagram Rilis Pengatur Waktu Main Media Sosial

Kompas.com - 02/08/2018, 13:30 WIB
Ilustrasi aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger ARUN SANKAR / AFPIlustrasi aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger
|

KOMPAS.com - Demi membatasi aktivitas pengguna di Facebook dan Instagram, kedua media sosial ini merilis sebuah fitur khusus yang dapat membatasi waktu pengguna bermedia sosial di kedua platform tersebut.

Fitur bernama Activity Dashboard ini resmi dirilis demi meminimalisasi dampak negatif atas kecanduan media sosial yang sudah menjangkit banyak orang.

Fitur pengatur waktu main medsos ini bakal bisa digunakan pengguna Facebook dan Instagram di seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang. Pengguna di Amerika Serikat disebut bakal kebagian pertama kali.

Menurut Ameet Ranadive, Direktur Product Management Instagram, fitur Activity Dashboard ini dibuat dan dikembangkan dengan melibatkan pakar, organisasi kesehatan hingga para akademisi.

Ia menegaskan bahwa hal ini memang menjadi salah satu tanggung jawab penyedia platform agar pengguna dapat mengelola waktu mereka dengan lebih baik.

"Harapan kami fitur ini bisa memberi pengguna kontrol yang lebih besar atas waktu yang mereka habiskan di media platform kami," ungkap Ranadive dikutip KompasTekno, Kamis (2/8/2018) dari Newsroom Facebook.

Menurut Ranadive, Facebook memiliki tanggung jawab untuk membantu pengguna memahami berapa banyak waktu yang mereka habiskan sehingga mereka dapat mengelolanya dengan lebih baik.

Untuk mengakses fitur ini caranya sangat mudah. Pengguna tinggal membuka aplikasi Instagram/Facebook dan masuk pada menu setting.

Kemudian pilih "Your Activity" serta klik "Your Time on Facebook" untuk melihat waktu yang dihabiskan di platform berbagi konten foto dan video ini.

Fitur Activity DashboardNewsroom Facebook Fitur Activity Dashboard
Pada bagian atas, pengguna dapat melihat dashboard yang berisi waktu rata-rata yang dihabiskan. Kemudian di bagian bawah, pengguna dapat mengatur pembatas waktu.

Lewat pembatas waktu ini pengguna akan diberi peringatan jika telah melebihi batas waktu pengguna dalam satu hari. Misalnya pengguna bisa mengatur batas waktu selama 25 menit. Setelah 25 menit, maka pengguna akan menerima notifikasi bahwa batas waktu telah habis.

Selain itu pengguna juga bisa membisukan notifikasi lewat menu "Mute Push Notifications". Fitur ini berguna untuk membatasi notifikasi dari Instagram saat Anda merasa tak ingin terganggu oleh notifikasi tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X