Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penelusuran Putri Steve Jobs soal Komputer Apple Lisa

Kompas.com - 03/08/2018, 10:34 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendiang Steve Jobs, dikenal publik sebagai pendiri sekaligus mantan CEO perusahaan teknologi kelas dunia, Apple. Ada sisi lain Jobs, yang belum banyak diketahui banyak orang, terutama  kisah keluarganya.

Kisah Jobs yang selama ini sangat tertutup itu mulai terkuak saat Lisa, putri tertua Jobs blak-blakan soal rahasia sang Ayah. Kisah Lisa ia ceritakan dalam bukunya yang berjudul "Small Fry" yang akan dirilis 4 September mendatang.

Dari cuplikan yang dipublikasikan Vanity Fair, yang dirangkum KompasTekno, Jumat (3/8/2018), secara keseluruhan Lisa menceritakan bagaimana pengaruh Jobs dalam hidupnya.

Ia juga mengutarakan sisi psikologis ketika selama 27 tahun, Jobs enggan mengakui bahwa komputer pribadi pertama Apple bernama "Lisa", diadopsi dari namanya.

Pernah, pada suatu hari, ia menanyakan langsung hubungan namanya dengan komputer Lisa.

"Hey, apakah kamu tahu komputer Lisa? Apakah itu dinamakan dari namaku?," tanya Lisa harap-harap cemas.

"Tidak. Maaf, nak," jawab Jobs singkat.

Lisa, putri Steve Jobs saat dipangkuan ayahnyaGrove Atlantic Lisa, putri Steve Jobs saat dipangkuan ayahnya

Untuk diketahui, komputer Lisa atau yang dikenal pula dengan Apple Lisa, dikembangkan Jobs sejak tahun 1978, tahun di mana putri pertamanya lahir. Komputer tersebut merupakan rintisan dari Macintosh.

Sayangnya, penjualan komputer Lisa gagal karena harganya terlalu mahal, hingga akhirnya, Apple menghentikan produksi Lisa.

Kembali lagi ke kisah Lisa, putri Jobs. Sebelum menyandang nama "Lisa", Jobs ingin menamai anaknya "Claire", namun akhirnya Lisa-lah yang dipilih karena dianggap lebih singkat.

Ia menceritakan bagaimana Jobs awalnya tidak mengakui Lisa sebagai putrinya, dan Lisa pun tinggal berdua bersama Chrisann Brennan, ibunya.

Saat Lisa berusia dua tahun, tepatnya tahun 1980, Jobs yang masih belum mengakui Lisa sebagai anaknya, mendapat tuntutan dari pengacara San Mateo County, California untuk membayar hak asuh anak.

Baca juga: Kuliah Sekampus, Putri Bill Gates dan Steve Jobs Punya Persaingan Sendiri

Hingga akhirnya, keduanya melakukan tes DNA, dan mendapati kecocokan 94,4 persen. Ketika Lisa berusia tiga tahun, Jobs mendatangi rumah Lisa dan ibunya di Menlo Park. Ia pun menemui Lisa untuk kedua kalinya, sejak Lisa dilahirkan.

"Kamu tahu siapa aku? Aku Ayahmu," ucap Jobs kepada Lisa.

"Aku adalah salah satu orang terpenting yang akan pernah kau kenal," tambah Jobs.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com