Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WiFi Gratis di Pesawat Citilink Mulai Digelar Akhir 2018

Kompas.com - 03/08/2018, 18:06 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai Citilink resmi menandatangani kontrak pemasangan WiFi internet di 50 pesawat Airbus A320-nya dengan penyedia layanan satelit, Inmarsat. Adapun solusi yang dipakai adalah layanan broadband GX Aviation.

Pengerjaan pemasangan koneksi WiFi GX Aviation di 50 pesawat A320 Citilink dilakukan oleh provider lokal, Mahata Aero Teknologi (MAT), perusahaan penyedia inflight service di Indonesia yang didukung oleh Lufthansa System dan Lufthansa Technik.

Penandatanganan kontrak telah dilakukan antara Citilink dengan Inmarsat pada kuartal ini (kuartal III-2018). Menurut VP Corporate Secretary Citilink, Ranty Astari, layanan WiFi di pesawat akan mulai tersedia pada akhir 2018 nanti.

"Target di akhir tahun ini akan go live di satu pesawat," kata Ranty ketika dihubungi KompasTekno melalui pesan instan, Jumat (3/8/2018).

Baca juga: Penumpang Pesawat Rela Gadaikan Kelas Bisnis demi WiFi

Dengan dipasangnya inflight WiFi di pesawatnya, Citilink bakal mengadopsi layanan hiburan berkonsep Bring Your Own Device (BYOD), di mana maskapai tidak menyediakan unit IFE (monitor di belakang kursi pesawat), melainkan handset (gadget) penumpang sendiri yang jadi sarana hiburannya.

Gadget mereka bisa terhubung dengan koneksi WiFi di pesawat yang akan menyediakan beragam konten hiburan.

"Sebagai airline yang modern dan fokus ke digital, penting bagi kami untuk menawarkan layanan inflight WiFi ke penumpang," kata Juliandra Nurtjahjo, Presiden dan CEO Citilink dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (2/8/2018).

Juliandra juga pernah mengungkapkan bahwa layanan WiFi di pesawat Citilink ini akan digratiskan.

"Ini benar-benar gratis. Enggak masuk dalam biaya tiket," kata Juliandra kepada Kompas.com, Maret 2018 lalu. Pada tahap awal, layanan wifi gratis dalam pesawat akan tersedia di rute-rute yang paling diminati oleh penumpang, seperti, Yogyakarta, Semarang, dan Bali. 

Baca juga: Buat Apa Pilot Online dalam Pesawat?

"Kerja sama ini menjadi bukti pentingnya inflight connectivity bagi penumpang masa kini, dan kepercayaan Citilink akan solusi kami," imbuh Philip Balaam, President of Inmarsat Aviation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com