Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JD.ID Buka Toko Offline Tanpa Kasir

Kompas.com - 04/08/2018, 09:21 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - JD.ID, e-commerce yang terafiliasi dengan JD.com asal China, menghadirkan pusat pengalaman belanja berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bernama JD.ID X. JD.ID X disebut menjadi pusat pengalaman belanja futuristis pertama di Asia Tenggara.

"Kami sangat bangga dengan diluncurkannya JD.ID X, pusat pengalaman berbelanja berbasis AI kami yang pertama di Asia Tenggara dan di Indonesia," jelas Presiden Direktur JD.ID, Zhang Li.

Ia menambahkan jika JD.ID X adalah langkah awal e-commerce pimpinannya untuk mengadopsi teknologi AI yang menawarkan konsep belanja tanpa kasir, memanfaatkan teknologi pemindai wajah, radio frequency identification (RFID), dan metode pembayaran non-tunai (cashless).

"Di masa depan masyarakat akan sangat terbiasa melakukan aktivitas berbelanja harian secara non-tunai," ujar Project Manager JD.ID X, Eyvette Tung dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (3/8/2018).

Menurutnya, teknologi pemindai wajah dikembangkan dengan sangat personal, demi meningkatkan kenyamanan pengguna. Beberapa produk yang dibeli pengguna melalui JD.ID X akan terhubung langsung dengan akun JD.ID pelanggan untuk transaksi non-tunai.

JD.ID X berlokasi di lantai 3 kawasan perbelanjaan PIK Avenue, Jakarta. Beberapa produk populer ditawarkan di sana, seperti fesyen pria maupun wanita, kosmetik, aksesoris, produk rumah tangga non-elektronik, dan kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: E-commerce JD.ID Fokus Tambah Pengguna

Produk-produk tersebut dijanjikan akan dibanderol dengan harga khusus. Lebih lanjut, JD.ID X juga menyediakan produk dengan private label yang tersedai secara eksklusif, serta berbagai promo yang akan diberikan setiap minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com