Kompas.com - 04/08/2018, 10:45 WIB
Huawei ReutersHuawei

KOMPAS.com - Sampai paruh 2018 ini, Huawei dan Apple terus mencatatkan tren positif. Bukan hanya untuk penjualan ponsel pintar, melainkan juga perangkat tablet secara global.

Pada kuartal II-2018 lalu, pasar penjualan tablet di dunia tercatat mengalami penurunan yang signifikan. Berdasarkan data dari IDC, angka penjualan menurun 13,5 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

Kendati demikian, pangsa pasar tablet milik Huawei dan Apple malah bertolakbelakang dengan kondisi global. Huawei dan Apple berhasil mendongkrak penjualan tablet dari periode yang sama pada 2017 lalu.

Dikutip KompasTekno dari ZDnet, Sabtu (4/8/2018), Huawei berhasil meraih peningkatan pangsa pasar sebesar 7,7 persen dari tahun sebelumnya. Selama periode ini, vendor kenamaan asal China tersebut berhasil menjual sebanyak 3.4 juta unit tablet secara global.

Baca juga: Pasar Sedang Lesu, Mengapa Samsung Luncurkan Tablet Rp 11 Juta?

Dengan demikian, besaran pangsa pasar yang dimiliki Huawei juga ikut terdongkrak menjadi sebesar 10.3 persen dan membuat Huawei bertengger di posisi ketiga di bawah Apple dan Samsung.

Hasil laporan IDC kuartal kedua terkait penjualan komputer tabletIDC Hasil laporan IDC kuartal kedua terkait penjualan komputer tablet

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple yang ada di peringkat teratas pun mencatatkan kenaikan penjualan. Meski tidak sebesar Huawei, kenaikan ini tetap membuat Apple berada di posisi puncak sebagai produsen tablet terbesar di dunia.

Pada kuartal II-2018, Apple berhasil mencatat angka kenaikan 0,9 persen dibanding tahun sebelumnya. Selama 2018, perusahaan besutan mendiang Steve Jobs ini berhasil mengapalkan 11.5 juta unit tablet di pasar global.

Secara keseluruhan, hanya dua brand ini yang mampu mencatatkan peningkatan penjualan komputer tablet selama kuartal dua 2018. Merek besar lainnya seperti Samsung dan lenovo malah terjun bebas dengan angka penurunan yang cukup drastis dari tahun sebelumnya.

Huawei dan Apple sepertinya memang tengah mendapat angin segar di industri teknologi. Khusus untuk Huawei, angin ini berhembus lebih kencang dari biasanya.

Pasalnya beberapa waktu lalu, Huawei berhasil merebut posisi kedua dalam peringkat produksi smartphone terbesar di dunia dari Apple. Dan kali ini, meski masih berada dalam posisi ketiga, Huawei berhasil mencatatkan angka kenaikan yang lebih besar dari Apple untuk pangsa pasar komputer tablet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.