Android P Diprediksi Meluncur Bulan Ini

Kompas.com - 04/08/2018, 14:09 WIB
Android P Android CentralAndroid P

KOMPAS.com - Dua sistem operasi (OS), Android terakhir dirilis Google pada bulan Agustus. Android Nougat dirilis pada 22 Agustus 2016, sementara Oreo pada 22 Agustus 2017.

Kemungkinan, Android terbaru yang saat ini masih dalam tahap pengujian final juga akan dirilis di bulan yang sama. Terkaan ini muncul setelah Evan Blass, jurnalis teknologi yang kerap betul dalam prediksinya, memposting sebuah kicauan.


Dalam akun pribadinya, @evleaks menampilkan sebuah gambar kalender bulan Agustus 2018. Tepat di tanggal 20, ditempel huruf "P" bewarna hijau, yang identik dengan warna Android.
Tanggal tersebut diyakini akan menjadi deut Android P, yang juga akan diumumkan nama resminya.

Hingga hari ini, nama Android P masih sumir. Beberapa kandidat nama makanan khas Android menyeruak, seperti Pistachio, Pumpkin, atau Pie.  Rumor terbaru, nama "Pie" menjadi kandidat kuat, karena singkat dan mudah diingat.

Baca juga: 10 Fitur yang Bakal Hadir di Android P

Terlepas dari apa namanya, yang pasti Google mengumumkan akan membawa banyak fitur baru untuk Android P mendatang. Android akan fokus dalam tiga hal utama yakni intelligence (kecerdasan), simplicity (kemudahan), dan digital well-being (kesejahteraan digital).

Beberapa fitur yang akan ditambahkan misalnya dukungan multi kamera dan Adaptive Battery yang diklaim bisa menurunkan masa aktif CPU sebanyak 30 persen. Ada pula gestur berdasarkan sistem navigasi yang menyamankan pengguna smartphone denganrasio aspek display memanjang.

Beberapa perangkat dikabarkan siap menjadi konsumen awal Android P. Selain smartphone besutannya, Google Pixel, Android P juga akan menyambangi Xiaomi Mi Mix 2S, Sony Xperia XZ2, Nokia 7 Plus, Oppo R15, Vivo X21, OnePlus 6 dan Essential PH-1.

Baca juga: Daftar Smartphone yang Pertama Kebagian Android P, Bukan Cuma Pixel

Dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (4/8/2018), perangkat yang telah mendapat dukungan pratinjau pengembangan juga diperkirakan akan mendapat perilisan finalnya tepat waktu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X