Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone "Dual SIM" Tak untuk Semua Negara

Kompas.com - 06/08/2018, 07:07 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu, beredar bocoran yang menyebut iPhone berikutnya bakal mendukung dual SIM card. Hal ini terendus dari kode pemrograman sistem operasi iOS 12 versi beta.

Akan tetapi, dukungan dual SIM card itu agaknya tak berlaku untuk semua pengguna, melainkan eksklusif di China. Setidaknya begitu menurut sumber dalam yang enggan disebut identitasnya.

Menurut dia, Apple bakal merilis empat lini iPhone pada September mendatang. Dua di antaranya adalah penerus iPhone X (5,8 inci) dan iPhone X Plus (6,5 inci).

Kedua lini itu tidak memiliki slot untuk kartu SIM kedua. Sumber dalam sesumbar justru iPhone 9 yang bakal punya fitur tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (5/8/2018), dari 9to5Mac.

Lebih jelasnya, ada dua varian iPhone 9 dengan layar LCD 6,1 inci. Varian pertama yang dirilis secara global hanya mendukung satu SIM card, sementara khusus di China akan punya dua slot untuk dual SIM Card.

Baca juga: Di Balik Kecepatan Internet iPhone yang Lebih Pelan dari Android

Fitur dual SIM card memang lebih populer di Asia. Tak heran fitur tersebut sudah lebih lama disematkan pada ponsel-ponsel Android, dari yang mahal hingga murah.

Banyak orang menggunakan SIM card kedua untuk berbagai kebutuhan. Misalnya yang ingin memisahkan nomor untuk urusan kerja dan kehidupan pribadi.

Ada pula yang memakai SIM card kedua demi efisiensi. Misalnya kartu A dipakai untuk menelpon sesama pengguna kartu A, begitu pun kartu B untuk menelpon sesama pengguna kartu B, karena lebih murah.

Apapun itu, Apple belum secara gamblang mengonfirmasi fitur dual SIM card pada iPhone berikutnya. Kita tunggu saja hingga benar-benar dirilis sekitar bulan depan.

Baca juga: Ini Dia Versi iPhone Paling Laris Saat Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com