Cara Menyembunyikan Status "Online" di Instagram

Kompas.com - 06/08/2018, 11:58 WIB
Ilustrasi Instagram. Ilustrasi Instagram

KOMPAS.com - Instagram beberapa waktu lalu telah merilis fitur penanda online, sama seperti yang bisa ditemui di Facebook Messenger. Tanda berupa titik hijau tersebut muncul pada bagian kanan foto profil pengguna dalam pilihan direct message.

Tanda ini sejatinya dirilis untuk meningkatkan interaksi antar-pengguna di Instagram. Sayangnya tanda ini kerap dianggap mengganggu privasi pengguna yang tidak ingin diketahui bahwa dirinya tengah beraktivitas di Instagram.

Lantas adakah cara untuk menyembunyikan status online tersebut?

Tentu saja ada dan caranya sangat mudah. Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (6/8/2018), Anda bisa mematikan tanda tersebut lewat menu setting.

Pertama-tama Anda harus masuk ke dalam profil Instagram Anda, kemudian ketuk tanda tiga titik di pojok kanan atas. Tombol ini nantinya akan membawa Anda pada menu setting. 

Pada menu tersebut gulirkan opsi ke bagian bawah dan Anda akan melihat submenu "Privacy and security". Dalam sub menu ini akan aterdapat pilihan "Activity Status".

Di dalam pilihan ini akan ada tombol yang berfungsi untuk menyalakan atau mematikan fitur penanda online. Jika dimatikan, maka keterangan waktu saat pengguna terakhir kali online juga akan ikut mati.

Mematikan status online instagramDigital Trends Mematikan status online instagram

Namun perlu diingat, jika Anda mematikan fitur ini artinya Anda juga tak akan dapat melihat status online orang-orang yang Anda ikuti. Kendati demikian jika Anda merasa tanda online ini mengganggu privasi maka tak ada salahnya jika dimatikan saja.

Selamat mencoba.

Baca juga: 10 Aplikasi Android dan iOS untuk Mempercantik Instagram Stories

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X