Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyembunyikan Status "Online" di Instagram

Kompas.com - 06/08/2018, 11:58 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram beberapa waktu lalu telah merilis fitur penanda online, sama seperti yang bisa ditemui di Facebook Messenger. Tanda berupa titik hijau tersebut muncul pada bagian kanan foto profil pengguna dalam pilihan direct message.

Tanda ini sejatinya dirilis untuk meningkatkan interaksi antar-pengguna di Instagram. Sayangnya tanda ini kerap dianggap mengganggu privasi pengguna yang tidak ingin diketahui bahwa dirinya tengah beraktivitas di Instagram.

Lantas adakah cara untuk menyembunyikan status online tersebut?

Tentu saja ada dan caranya sangat mudah. Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (6/8/2018), Anda bisa mematikan tanda tersebut lewat menu setting.

Pertama-tama Anda harus masuk ke dalam profil Instagram Anda, kemudian ketuk tanda tiga titik di pojok kanan atas. Tombol ini nantinya akan membawa Anda pada menu setting. 

Pada menu tersebut gulirkan opsi ke bagian bawah dan Anda akan melihat submenu "Privacy and security". Dalam sub menu ini akan aterdapat pilihan "Activity Status".

Di dalam pilihan ini akan ada tombol yang berfungsi untuk menyalakan atau mematikan fitur penanda online. Jika dimatikan, maka keterangan waktu saat pengguna terakhir kali online juga akan ikut mati.

Mematikan status online instagramDigital Trends Mematikan status online instagram

Namun perlu diingat, jika Anda mematikan fitur ini artinya Anda juga tak akan dapat melihat status online orang-orang yang Anda ikuti. Kendati demikian jika Anda merasa tanda online ini mengganggu privasi maka tak ada salahnya jika dimatikan saja.

Selamat mencoba.

Baca juga: 10 Aplikasi Android dan iOS untuk Mempercantik Instagram Stories

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com