Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Android Bakal Permudah Chatting Sambil Nonton Video

Kompas.com - 06/08/2018, 13:24 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Bulan Mei lalu, WhatsApp telah mendaratkan fitur picture-in-picture di iOS. Fitur ini memungkinkan penggunanya menonton langsung video dari Instagram dan YouTube tanpa keluar dari jendela WhatsApp. Sehinga, video akan terputar otomatis di layar kecil.

Kabarnya, WhatsApp mulai menyebar fitur ini ke beberapa pengguna Android versi beta. Menurut kabar dari WABetaInfo yang kerap membcorokan fitur baru WhatsApp, fitur ini terdapat dalam pembaruan versi Android 2.18.234.

Karena masih dalam format beta, tidak semua pengguna bisa menikmati fitur ini. Dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Senin (6/8/2018), fitur ini diprediksi akan meluncur ke WhatsApp Android sekitar beberapa minggu ke depan.

Picture-in-picture WhatsApp Androidwabetainfo Picture-in-picture WhatsApp Android
Seperti yang dikatakan sebelumnya, pengguna bisa melihat langsung video dari Instagram dan YouTube yang diterima. Sayangnya, fitur ini tidak mendukung format video dari Instagram Stories.

JIka sudah mendapat pembaruan, cara menggunakan fitur ini pun mudah. Cukup, klik tombol "play" berbentuk segi tiga di thumbnail preview , lalu video akan terputar langsung dari jendela chat melalui layar kecil.

Baca juga: Tombol Pintas Mark as Read di WhatsApp Mulai Disebar

Sambil menonton video, pengguna bisa menggulir chat di atasnya atau membalas chat di jendela yang sama. Jendela video pun bisa digeser, sehingga cukup bebas melakukan aktivitas scrolling.

Hingga hari ini, para pengguna Android harus keluar dulu dari jendela chat yang kemudian diarahkan ke laman sumber video.

Perlu diketahui, fitur ini baru disebar bagi pengguna yang mendaftarkan diri sebagai beta tester. Belum diketahui kapan fitur ini akan disebar untuk umum secara global oleh WhatsApp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com