5 Aplikasi Ini Bisa Beri Informasi saat Gempa Terjadi

Kompas.com - 06/08/2018, 17:07 WIB
Ilustrasi gempa. ShutterstockIlustrasi gempa.

KOMPAS.com - Gempa bumi bermaginitudo 7 baru saja mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018) pukul 18.64. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat memperingatkan adanya potensi akibat gempa ini.

Getaran gempa dirasakan hingga lokasi sekitar yakni Bali, Nusa Tenggara Timur, hingga sebagian Jawa Timur. Menurut catatatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Senin siang (6/8/2018), tercatat korban meninggal dunia mencapai 91 orang.

"Sampai dengan siang ini, korban meninggal 91 orang, 209 orang luka-luka, ribuan rumah rusak, dan ribuan warga mengungsi," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugrohodi.

Ini bukanlah kali pertama atau kedua, Indonesia diguncang gempa dan bencana alam lain seperti letusan gunung merapi. Berada di Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik, Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia dan berada di tiga tumbukan lempeng benua yakni Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik.

Tak dipungkiri, sulit untuk mengetahui kapan bencana alam seperti gempa Lombok terjadi. Sebab hingga detik ini, belum ada peneliti yang mampu memprediksi kapan gempa akan terjadi.

Namun ada beberapa aplikasi yang bisa membantu memberikan informasi penting dan aktual saat bencana terjadi.

1. Disaster Alert

Tangkapan layar aplikasi Disaster AlertSCMP Tangkapan layar aplikasi Disaster Alert

Aplikasi ini dikembangkan oleh Pasific Disaster Centre (PDC) di Hawaii. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melacak peta bencana alam yang sedang terjadi saat ini, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, badai, longsor, banjir dan kebakaran hutan. Bahkan, aplikasi ini bisa melacak pesebaran wabah suatu virus.

Didukung oleh platform DisasterAWARE besutan PDC, disaster Alert akan memberikan notifikasi berdasarkan GPS. Pengguna juga bisa melihat detail lain seperti informasi lebih lanjut tentang lokasi mana saja yang berbahaya.

Apliaksi ini bisa diunduh pengguna iOS di iTunes melalui tautan ini dan untuk pengguna Android bisa mengunduh di tautan berikut.

Baca juga: Gempa Lombok, Facebook Aktifkan Safety Check

2. Info BMKG

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber SCMP
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X