Kompas.com - 07/08/2018, 13:25 WIB
ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comilustrasi
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 7 yang menggoyang kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akhir pekan lalu turut berimbas pada layanan operator-operator seluler yang terganggu, termasuk XL Axiata.

Gangguan diakibatkan oleh putusnya aliran listrik ke Base Transceiver Station (BTS), khususnya di wilayah Lombok Utara yang diguncang gempa dengan kuat.  BTS pun padam sehingga

Tim lapangan XL Axiata telah berusaha melakukan recovery untuk memulihkan kondisi jaringan, antara lain dengan mengerahkan genset sebagai pemasok listrik dan redirect coverage.

Saat dihubungi oleh KompasTekno, Selasa (7/8/2018), Head of External Communications XL Axiata Henry Wijayanto mengatakan kondisi jaringan XL di Lombok secara keseluruhan sudah berangsur kembali normal.

“Hanya tinggal beberapa BTS yang masih perlu pemilihan karena kendala aliran listrik dan lokasi yang sulit dijangkau untuk memasok genset,” ujar Henry.

Akibat gempa, akses jalan menuju BTS menjadi sulit ditembus. Padahal, jalan akses jalan terbilang vital untuk memasok bahan bakar genset.

XL mengoperasikan lebih dari 120 BTS di wilayan Lombok utara. Sebanyak 82 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Jumlah BTS XL di seluruh propinsi NTB mencapai lebih dari 2.900, dengan 790 di antaranya BTS 4G LTE yang melayani 2 juta pelanggan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain berupaya memulihkan kondisi jaringan selulernya, XL turut membagikan bantuan darurat bagi warga setempat yang terkena bencana, dalem bentuk bahan makanan, obat-obatan, selimut, dan tenda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.