Apa Itu Kesejahteraan Digital yang Diusung Android Pie?

Kompas.com - 07/08/2018, 14:46 WIB
Digital Wellbeing Android Pie 9to5 GoogleDigital Wellbeing Android Pie

KOMPAS.com - Google baru saja meresmikan nama baru sistem operasi (OS) Android generasi ke-9 yakni Android Pie. Saat pertemuan antar-developer, Google I/O 2018 yang digelar bulan Mei lalu, Google menyebut jika Android Pie akan mengusung banyak fitur baru.

Ada tiga hal yang menjadi fokus Google, yakni intelligence (kecerdasan), simplicity (kemudahan), dan digital wellbeing (kesejahteraan digital). Di antara ketiganya, digital wellbeing yang cukup menarik.

Pasalnya, kesejahteraan digital tidak hanya menjadi fokus Google semata. Banyak raksasa teknologi Silicon Valley yang fokus dengan hal tersebut, demi mempersembahkan solusi ketergantungan layanan digital saat ini.

Lantas, apa sebenarnya kesejahteraan digital? Secara garis besar, digital wellbeing diperuntukan untuk melacak penggunaan aplikasi pada smartphone atau tablet, di mana pengguna bisa mengatur batasan waktu untuk penggunaan gadget.

Untuk kasus Android Pie, ada tiga kategori utama di dashboard digital wellbeing yang dibawa Android Pie.

Ketiganya adalah App Timer, Do Not Disturb, dan Wind Down. Dashboard ini akan menampilkan kurasi berapa lama pengguna menggunakan aplikasi dalam sebuah diagram pie.

Baca juga: 10 Fitur yang Bakal Hadir di Android P

Nantinya akan muncul aplikasi mana saja yang paling sering digunakan saat itu. Di bawah diagram, ditampilkan pula berapa kali pengguna mengunci perangkat dan berapa jumlah notifikasi yang diterima. Lebih jauh, pengguna akan menemukan beberapa menu untuk menemukan opsi "ways to disconnect".

App Timer

FItur App Timer di Digital Wellbeing Android PieAndriod Guys FItur App Timer di Digital Wellbeing Android Pie

Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur batasan waktu untuk penggunaan aplikasi tertentu. Timer akan muncul ketika menjelang batas waktu, aplikasi masih digunakan.

Ketika waktunya habis, ikon aplikasi tersebut akan berubah warna menjadi abu-abu yang diharapkan bisa mengurangi minat pengguna untuk membukanya kembali. Tanpa niat yang kuat, App Timer bisa saja tidak dihiraukan pengguna, dan memilih terus menggunakan aplikasi yang niatnya dibatasi tersebut.

Do Not Disturb (jangan ganggu)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X