Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jadwal Update Android Oreo untuk Ponsel Menengah Samsung

Kompas.com - 09/08/2018, 11:33 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski Android Pie sudah diumumkan Google, namun penyebaran Android versi sebelumnya, yakni Android Oreo masih belum merata.

Beberapa vendor masing belum menyebar pembaruan sistem operasi (OS) generasi ke-8 tersebut ke produk perangkatnya.

Salah satunya adalah Samsung, yang masih bekerja keras menyebar pembaruan Android Oreo ke semua perangkatnya yang kompatibel.

Model kelas atas Samsung memang lebih dulu mendapat pembaruan Android Oreo, namun lain halnya dengan model mid-range.

Sebagian perangkat kelas menengah di beberapa negara tertentu memang telah mendapat Android Oreo. Seperti seri Galaxy A5, A3, A7, dan A8 yang mengikuti jejak beberapa seri Galaxy S dan Note.

Baca juga: Pemilik Galaxy Note 8 di Indonesia Bisa Update Android Oreo

Akhirnya, Samsung menginformasikan jadwal pembagian update Android Oreo di aplikasi Samsung Member.

Ada 12 perangkat papan tengah yang disebut dalam informasi tersebut. Mulai dari Desember 2018 nanti, Samsung Galaxy J7 Neo akan mulai mendapat update Android Oreo.

Disusul Januari 2019 untuk perangkat Samsung Galaxy Tab A (2017), Samsung Galaxy A9 Pro (2016), Samsung Galaxy C7 Pro, Samsung Galaxy C9 Pro, Samsung Galaxy J2 (2018), Samsung Galaxy On5 (2016), Samsung Galaxy On7 (2016), Samsung Galaxy J7 (2018), dan Samsung Galaxy J7 (2017).

Tangkapan layar pemberitahuan Samsung tentang jadwal update Android OreoPhone Arena Tangkapan layar pemberitahuan Samsung tentang jadwal update Android Oreo
Pada Februari 2019, giliran Galaxy J7 Max, dan terakhir bulan Maret 2019 untuk Galaxy J7 (2016, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (9/8/2019).

Baca juga: Inikah Smartphone dan Tablet Samsung yang Kebagian Android Oreo?

Meski telah disampaikan resmi, Samsung menyebut bukan tidak mungkin akan ada perubahan jika memang dibutuhkan ke depannya. Penyebaran update Android Oreo juga bisa disetop jika terjadi masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com