Bus Tanpa Sopir Bakal Mondar-mandir di GBK selama Asian Games 2018 - Kompas.com

Bus Tanpa Sopir Bakal Mondar-mandir di GBK selama Asian Games 2018

Kompas.com - 09/08/2018, 15:22 WIB
Foto udara dipenghujung senja kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (26/12/2017), yang masih terus dikebut pengerjaan renovasinya supaya selesai sebelum event Asian Games 2018 dimulai. KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Foto udara dipenghujung senja kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (26/12/2017), yang masih terus dikebut pengerjaan renovasinya supaya selesai sebelum event Asian Games 2018 dimulai.

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Perhelatan Asian Games 2018 juga bakal dijadikan oleh Telkomsel sebagai ajang pamer teknologi 5G. Salah satu yang akan dipamerkan adalah bus tanpa sopir.

Bus ini akan mondar-mandir di seputaran kompleks Gelora Bung Karno selama Asian Games. Bus ini aoan dilengkapi berbagai sensor yang saling berkomunikasi secara real-time. Menggunakan koneksi 5G yang minim latensi, komunikasi antar sensor itu akan berjalan seamless dan menjamin perjalanan lancar.

 "Autnomous bus nanti akan jalan di GBK, bisa merasakan bagaimana naik bus tanpa sopir," kata Ivan C. Permana, Vice President Next Generation Network Task Force at Telkomsel saat dijumpai di kantor Telkomsel di Bandar Lampung, Rabu (8/8/2018).

Menurut Ivan, bus tanpa sopir itu merupakan hasil kerja sama Telkomsel dengan ST Engineering.

Selain bus tanpa sopir, Telkomsel juga akan menyajikan beragam solusi teknologi yang menggunakan koneksi 5G, seperti VR Football, di mana penonton bisa menyaksikan siiaran langsung pertandingan sepakbola secara virtual, serasa di lapangan.

Berbagai contoh penggunaan koneksi 5G ini akan dipamerkan Telkomsel di Gelora Bung Karno, sepanjang perhelatan Asian Games 2018. Penonton, khususnya pelanggan Telkomsel, bisa mencoba dan merasakan langsung solusi-solusi tersebut.

Baca juga: Negara Maju Tahun 2019, Kapan Indonesia Kebagian Internet 5G?

Ivan juga menyatakan bahwa Telkomsel sudah mendapatkan izin dari Kemenkominfo untuk menyelenggarakan jaringan 5G di spektrum 28 GHz.

Dengan demikian, Ivan mengklaim bahwa Telkomsel merupakan operator seluler pertama di Indonesia yang menggelar 5G, walau belum bisa dilakukan secara komersil.


Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X