Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tencent Rilis PUBG Mobile Versi Ringan untuk Ponsel Spek Rendah

Kompas.com - 10/08/2018, 13:44 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin bermain game Player Unknown's Battleground (PUBG) tapi tak punya ponsel yang mumpuni, jangan berkecil hati.

Pasalnya Tencent kini merilis PUBG Mobile versi ringan khusus untuk ponsel dengan spesifikasi yang rendah.

PUBG Mobile Lite dirilis Tencent agar pemilik ponsel lawas atau spesifikasi rendah juga bisa menikmati permainan yang tengah digandrungi ini.

Saat ini, PUBG versi reguler memiliki spesifikasi minimum yakni perngkat dengan RAM 2 GB dan berjalan di Android 5.1 atau di atasnya.

Sedangkan PUBG Mobile versi ringan ini dapat berjalan meski dengan ukuran RAM di bawah 2 GB karena permainan memang dibuat dengan beberapa penyesuaian agar bisa berjalan di perangkat dengan spesifikasi rendah.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Jumat (10/8/2018), PUBG Mobile versi ringan ini memiliki beberapa perbedaan dengan versi reguler.

Perbedaan pertama adalah ukuran peta wilayah permainan yang dibuat jauh lebih kecil ketimbang versi reguler. Ini dikarenakan agar ponsel tak terbebani oleh grafis yang terlalu berat.

Perlu diingat, peta pada PUBG Lite ini dibuat sangat berbeda dengan versi reguler. Jadi jangan harap Anda akan menemukan wilayah populer seperti Pochinki, School, atau Military Base pada PUBG Mobile Lite ini.

Kemudian perbedaan lainnya adalah jumlah pemain yang dapat ditampung dalam satu permainan. Pada versi reguler jumlah pemain bisa mencapai 100 orang dalam satu babak. Namun pada versi lite ini hanya dapat menampung maksimal 40 pemain saja.

Dengan dikuranginya jumlah pemain ini maka dapat dipastikan durasi permainan pun jadi jauh lebih singkat.

Ini juga dikarenakan agar PUBG Mobile Lite tak membebani kapasitas RAM agar permainan tetap bisa berjalan dengan lancar meski ukuran RAM pada ponsel hanya di bawah 2 GB saja.

Namun perlu diketahui bahwa pemain PUBG Mobile Lite dan PUBG Mobile reguler tak dapat terhubung satu sama lain dalam satu permainan yang sama. Artinya dua permainan ini memang memiliki dunia game yang berbeda.

Meski begitu, tentu saja ini adalah sebuah langkah cerdas yang dilakukan oleh Tencent selaku pengembang. Pasalnya game bergenre battleroyale seperti PUBG ini memang tengah "naik daun" dan mendapat banyak penggemar.

Baca juga: 7 Tips Bermain PUBG Mobile Agar Mendapat Chicken Dinner

Dengan dirilisnya PUBG Mobile versi ringan ini, membuat peluang Tencent untuk meraup pemain menjadi jauh lebih besar.

Kendati demikian, PUBG Mobile Lite ini baru dirilis untuk wilayah Filipina saja. Sedangkan negara lain harus sedikit bersabar untuk menunggu kapan game ini akan dirilis.

PUBG Mobile Lite nantinya akan dirilis secara resmi melalui tautan berikut ini. Jika Anda tak sabar menunggu, Anda sejatinya bisa saja mendapat APK game ini melalui distribusi atau situs yang tidak resmi.

Namun perlu diingat bahwa ada risiko virus atau malware tertentu jika Anda mengunduh APK di luar Google Play Store.

Jadi kami sarankan sebaiknya Anda bersabar menunggu karena sepertinya tak lama lagi PUBG Mobile Lite ini bakal didistribusikan secara global.

Baca juga: Pemain PUBG Ditangkap Gara-gara Pakai Cheat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com