Ada Game Unik di Facebook Messenger - Kompas.com

Ada Game Unik di Facebook Messenger

Kompas.com - 10/08/2018, 15:25 WIB
Fitur game AR di MessengerNewsroom Facebook Fitur game AR di Messenger

KOMPAS.com - Facebook luncurkan fitur baru di Messenger yang memungkinkan penggunanya memainkan game augmented reality (AR). Game ini bisa dimainkan hingga enam orang sekaligus.

Ada dua game yang bisa dimainkan dengan AR, pertama adalah game berjuluk "Don't Smile" dan "Asteroid Attack".

Seperti namanya, game Don't Smile menantang pemainnya untuk menahan senyum. Bagi peserta yang ketahuan senyum pertama kali akan "dihadiahi" stiker senyum dengan efek AR.

Sementara Asteroid Attack melibatkan navigasi pesawat ruang angkasa. Pesawat-pesawat ruang angkasa dalam bentuk AR akan memenuhi layar nantinya. Kemudian, peserta harus menghindari pesawat serta tembakan tersebut atau mereka akan kalah.

Baca juga: 7 Fitur Baru Instagram Ancam Snapchat, YouTube, dan Ask.fm

Sebelum memainkan game, pastikan aplikasi Messenger telah ter-update ke versi paling baru.
Untuk memulai permainan, buka percakapan Messenger yang telah ada atau temukan orang yang ingin diajak untuk bermain.

Kemudian, ketuk (tap) ikon video yang ada di sisi pojok kanan atas untuk memulai video call. Lalu ketuk tombol bintang dan pilih game AR. Nantinya, pengguna yang sedang diajak video call akan mendapat notifikasi.

Jika mereka menerima ajakan bermain, nantinya kamera akan mengarah ke wajah masing-masing peserta.

Menurut blog Newsroom Facebook yang dirangkum KompasTekno, Jumat (10/8/2018), Facebook disebut akan menambah game baru lagi memanfaatkan AR yakni "Beach Bump" dan "Kitten Kraze" dalam beberapa pekan atau bulan kedepan.

Untuk sementara, game ini aman dari munculnya iklan, namun bukan berarti pintu tertutup untuk mereka Sebelum Messenger, fitur serupa telah hadir sebelumnya di Snapchat, dengan nama Snappables yang rilis April lalu.

Baca juga: Facebook Messenger Kini Bisa Baca Kontak Instagram

Bedanya, game AR di Snapchat disebut lebih terasa dengan efek AR yang memenuhi layar. Tutorial game AR di Messenger bisa disaksikan dalam video di bawah ini.



Close Ads X