Dibongkar, Galaxy Note 9 Ketahuan Sangat Berbeda dari Note 8 - Kompas.com

Dibongkar, Galaxy Note 9 Ketahuan Sangat Berbeda dari Note 8

Kompas.com - 12/08/2018, 14:58 WIB
Komponen internal Galaxy Note 9 setelah dibongkar oleh sebuah situs Rusia. hi-tech.mail.ru Komponen internal Galaxy Note 9 setelah dibongkar oleh sebuah situs Rusia.

KOMPAS.com - Galaxy Note 9 baru saja resmi diumumkan pada 9 Agustus kemarin, tapi sebuah situs di Rusia sudah mendapatkan sampel dan segera membongkarnya untuk melihat isi perut sang perangkat anyar dari Samsung itu.

Dari luar, tampang Galaxy Note 9 mungkin mirip dengan Galaxy Note 8 pendahulunya, tapi Samung ternyata menerapkan sejumlah perubahan di bagian jeroan.

Baterai Galaxy Note 9, misalnya, kini berkapasitas 4.000 mAh, lebih besar dari unit 3.300 mAh yang tertanam di Galaxy Note 8.

Ukuran fisik Galaxy Note 9 pun menjadi lebih besar dan memakan tempat di ruang internal. Samsung mengatasi hal ini dengan menciutkan ukuran papan mainboard.

Perbedaan housing S Pen di Galaxy Note 9 dan Note 8hi-tech.mail.ru Perbedaan housing S Pen di Galaxy Note 9 dan Note 8

Lalu, housing untuk pena stylus S Pen di perut Galaxy Note 9 kini lebih kokoh dan disebut tidak rawan rusak. Port USB type-C kini bisa diganti tanpa harus melepas keseluruhan mainboard, lalu speaker berukuran lebih besar.

Perbedaan paling menarik mungkin adalah sistem pendingin komponen internal di Galaxy Note 9 yang menggunakan pelat tembaga berukuran lebih besar dibandingkan Galaxy Note 8.

Luas permukaan pelat tembaga yang lebih besar seharusnya meningkatkan kemampuan peredaman panas yang dihasilkan dapur pacu (SoC) di Galaxy Note 9, sehingga berujung pada throttling (penurunan kecepatan SoC untuk mengurangi suhu) yang diminimalisir.

Di samping perubahan jeroan, Galaxy Note 9 mengusung sejumlah fiur baru seperti S Pen yang kini bisa digunakan sebagai “remote control” via koneksi Bluetooth dan kamera dual-aperture.

Pelat tembaga pendingin pada Galaxy Note 9 berukuran lebih besar dibandingkan Galaxy Note 8.hi-tech.mail.ru Pelat tembaga pendingin pada Galaxy Note 9 berukuran lebih besar dibandingkan Galaxy Note 8.

Komponen internal Galaxy Note 9 mencakup panel layar Super AMOMED 6,4 inci, SoC Exynos 9810, RAM 6GB/ 8 GB, storage 128 GB/ 512 GB, kamera ganda 12 + 12 megapiksel (wideangle dan telephoto), kamera depan 8 megapiksel, serta baterai 4.000 mAh.

Di Indonesia, Galaxy Note 9 versi 6 GB/ 128 GB dijual seharga Rp 13.499.000 sementara versi 8 GB/ 512 GB dihargai Rp 17.999.000.

Sesi pemesanannya sudah dibuka pada 10 Agustus hingga 19 Agustus di sejumlah e-commerce lokal Tanah Air. (Baca juga: Samsung Gratiskan Smart TV untuk Pemesan Awal Galaxy Note 9)



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar
Close Ads X