Kompas.com - 13/08/2018, 07:46 WIB

KOMPAS.com - Samsung turut meramaikan pasar speaker pintar atau smart speaker. Mengikuti jejak Google, Amazon, dan Apple, Samsung memperkenalkan speaker pintar Samsung Galaxy Home, serangkaian dengan acara "Galaxy Unpacked" yang digelar di New York, As, Kamis (9/8/2018).

Galaxy Home didukung asisten virtual Bixby yang dikembangkan oleh Samsung dan telah ditanam di beberapa lini smartphone Galaxy anyar. Dengan begitu, pengguna cukup menggunakan perintah suara Bixby untuk mengaktifkan Galaxy Home.

Secara penampilan, Galaxy Home agaknya sedikit berbeda dengan home speaker yang sudah ada. Terlihat ada tumpuan tiga kaki berbahan logam yang digunakan sebagai penyangga. Soal desainnya, beberapa orang menganggap jika bentuk Galaxy Home lebih mirip sebagai pemanggang barbeque atau kuali berukuran besar.

Dalam pengembangannya, Samsung menggandeng perusahaan sistem audio AKG untuk meningkatkan kinerja dalam memainkan musik. Logo AKG terpampang di bagian atas Galaxy Home, dikelilingi tombol volume, dan kontrol musik.

Sisi atas Galaxy Home menampilkan logo AKG dan beberapa tombolSamsung via Business Insider Sisi atas Galaxy Home menampilkan logo AKG dan beberapa tombol
Speaker ini dilengkapi delapan mikrofon besar yang akan menangkap perintah suara dari jarak jauh. Ada pula fitur bernama "SoundSteer" yang akan mengarahkan audio ke "majikan" sehingga pengguna tak perlu meninggikan volume untuk mendengarkan musik dari Galaxy Home.

Berbicara soal musik, dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (13/8/2018), Samsung juga mengumumkan kerja samanya dengan Spotify. Kerja sama ini berbentuk integrasi, dimana layanan streaming music tersebut akan menjadi aplikasi default di perangkat otomasi Samsung, seperti Galaxy Home.

Galaxy Home juga memiliki fitur suara 360 derajat atau "360-degree sound". Fitur ini bisa mempersembahkan suara yang seakan mengelilingi setiap penjuru ruangan. Selain itu ada juga subwoofer untuk mendukung suara bass.

Tak hanya mendengarkan musik, Galaxy Home juga didukung SmartThings hub yang bisa diperintah untuk menyalakan dan mematikan lampu dan mengontrol perkakas pintar di rumah.

Baca juga: Samsung Patenkan Speaker Pintar Bixby

Hanya sedikit informasi yang dibocorkan Samsung soal Galaxy Home. Vendor Korea Selatan itu menjanjikan akan membedah Galaxy Home lebih lengkap lagi pada acara Samsung Developer Conference yang akan berlangsung pada November 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.