Google dan Gamer Jadi "Korban" Absennya Fortnite Android di Play Store

Kompas.com - 14/08/2018, 13:22 WIB
Ilustrasi Android CentralIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Pembuat game Android biasanya memajang software bikinannya di toko aplikasi resmi Google, Play Store. Namun tidak demikan halnya dengan Epic Games, developer game populer Fortnite.

Alih-alih memajang Fortnite versi Android di Play Store, Epic Games lebih memilih mendustribusikan Fortnite dalam bentuk file instalasi dari situsnya sendiri. Alasannya karena Epic Games tak mau membayar potongan 30 persen yang dipungut Google dari pendapatan game di Play Store.

Walhasil, Google pun berpotensi kehilangan pendapatan sektar 50 juta dollar AS atau lebih dari Rp 730 triliun.

Angka tersebut berasal dari pendapatan yang dicatat oleh Fortnite di platform iOS, yakni 180 juta dollar AS sejak peluncurannya pada 15 Maret lalu, menurut sebuah laporan dari firma riset pasar Sensor Tower.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Neowin, Selasa (14/8/2018), Sensor Tower pun memperkirakan Apple mendulang 54 juta dollar, dari potongan 30 persen yang dikenakan pada pendapatan Fortnite di toko aplikasi iOS, App Store

Berbeda dari platform Android yang perangkatnya bisa memasang aplikasi dari sumber selain toko resmi (dalam bentuk APK), Apple sedari awal tidak membolehkan perangkat iOS melakukan hal tersebut. Hanya aplikasi dari toko resmi App Store yang bisa dipasang. Mau tak mau, Epic Games pun harus menuruti Apple.

Dipersulit demi duit

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain merugikan Google, keputusan Epic Games mendistribusikan Fortnite lewat situsnya berpotensi menyulitkan atau bahkan membahayakan pengguna perangkat Android yang berniat memainkan game itu.

“Ada kekhawatiran bahwa, dengan melewati Google Play, Epic bisa membuat pengguna kesulitan bermain Fortnite di perangkat Android yang lebih lawas,” tulis Sensor Tower.

Potensi bahaya datang dari keharusan me-nonaktifkan fitur keamanan yang mencegah instalasi aplikasi dari sumber di luar Google Play Store, sebelum pengguna bisa memasang Fortnite.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Neowin
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X