Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungguli Samsung, Xiaomi Jadi Nomor Satu di India

Kompas.com - 14/08/2018, 16:07 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Pangsa pasar Xiaomi semakin kuat di negara berkembang. Bahkan di India, vendor asal China ini mampu mempecundangi Samsung pada kuartal kedua (Q2) 2018 ini.

Berdasarkan data dari firma riset pasar IDC, Xiaomi tercatat meraup pangsa pasar mencapai 29,7 persen. Angka ini terpaut cukup jauh dengan Samsung yang mengekor di peringkat dua dengan pangsa sebesar 23,9 persen.

Lebih lanjut, hasil riset IDC mengatakan bahwa Xiaomi memang memiliki popularitas yang sangat tinggi di India. Diberitakan Gizmochina, Selasa (14/8/2018) yang dikutip KompasTekno, sebanyak satu dari tiga ponsel yang terjual di India adalah Xiaomi.

Bahkan dari riset IDC ini memperlihatkan bahwa empat dari lima ponsel terlaris di India seluruhnya berasal dari model Redmi yakni Redmi 5A, Redmi Note 5 Pro, Redmi Note 5, dan Redmi 5.

Baca juga: Dua Ponsel Ini Bikin Samsung Kalahkan Xiaomi di India

Tak hanya dalam penjualan offline, Xiaomi pun menguasai penjualan online di Negara Anak Benua ini. Tercatat Xiaomi memiliki pangsa sebesar 55,6 persen dan terus memimpin selama tujuh kuartal berturut-turut.

Menanggapi hasil riset ini, Vice President sekaligus Managing Director Xiaomi India, Manu Jain menyatakan bahwa hal ini memang sesuai dengan misi Xiaomi yakni membuat produk terbaik dengan harga yang terjangkau.

"Misi kami adalah untuk menghadirkan produk luar biasa dengan harga terjangkau yang telah mengubah kehidupan orang-orang dan memulai babak baru di era internet seluler di India. Dan saya percaya kami akan menjadi bagian yang lebih besar dari kehidupan orang-orang," ungkap Jain.

Xiaomi memang tengah menorehkan catatan positif. Baru-baru ini, Xiaomi naik ke peringkat empat sebagai ponsel terlaris di dunia mengekor Samsung, Apple dan Huawei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com