Kompas.com - 15/08/2018, 07:10 WIB
Chairman dan CEO Tesla Motors Elon Musk. carnewscafe.comChairman dan CEO Tesla Motors Elon Musk.
|


KOMPAS.com - Tesla, perusahaan mobil listrik yang didirikan oleh Elon Musk ini memiliki nilai jual yang sangat menarik. Sampai-sampai, Arab Saudi berambisi untuk menguasai sebagian besar saham Tesla.

Kabar ini terendus saat Elon Musk mengungkapkan ingin menarik kembali saham yang telah dimiliki investor di bursa saham.

Lewat akun Twitternya, ia mengatakan harga per lembar saham Tesla adalah 420 dollar AS atau setara Rp 6,1 juta dan pendanaan untuk membeli seluruh saham dari investor dikatakan sudah aman.

Dikutip KompasTekno dari Bloomberg, Rabu (15/8/2018), meski Elon Musk tidak menyebutkan siapa yang mendanai Tesla untuk membeli kembali seluruh saham yang ada di bursa, seorang sumber mengatakan bahwa Public Investment Fund Arab Saudi adalah pihak yang menggelontorkan dana ini.

Elon Musk sendiri masih memiliki saham sebesar 20 persen dan sisanya dirilis kepada para investor. Artinya untuk membeli kembali 80 persen saham tersebut diperlukan dana sekitar 60 miliar dollar AS.

Nannan Kou, Senior Associate Bloomberg NEF di Beijing mengatakan, tidak akan mudah bagi Tesla untuk mencari pendanaan. Tesla masih belum dapat meyakinkan pasar lewat penjualan mobil-mobil listrik premiumnya.

Softbank pun dikabarkan pernah bernegosiasi dengan Tesla soal penyuntikan dana ini. Namun pada akhirnya SoftBank membatalkan niatan tersebut.

"Investor Tesla harus bersabar dan berorientasi strategis," ungkap Nannan.  

Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi sendiri saat ini masih memiliki 5 persen saham di Tesla. Kendati demikian, baik pihak PIF Arab Saudi maupun Tesla belum memberi komentar terkait hal ini.

Baca juga: Enam Jam di Luar Angkasa Menuju Mars, Sampai Mana Mobil Tesla Elon Musk?

Untuk karyawan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.