ZenFone 5Z Tak Kunjung Masuk Indonesia, Ini Penjelasan Asus

Kompas.com - 15/08/2018, 15:35 WIB
Smartphone Asus ZenFone 5 dan ZenFone 5Z akhirnya resmi masuk Indonesia lewat acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Kamis (17/5/2018). Oik Yusuf/KOMPAS.comSmartphone Asus ZenFone 5 dan ZenFone 5Z akhirnya resmi masuk Indonesia lewat acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Kamis (17/5/2018).
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Kendati sudah diluncurkan sejak pertengahan Mei 2018, smartphone flagship Asus ZenFone 5Z tak kunjung bisa ditemukan di pasar Indonesia. Waktu rilis yang sempat dijanjikan pada akhir Juni pun sudah lama lewat.

Ada apa gerangan? South East Asia Regional Director Asus, Jimmy Lin mengatakan pihaknya mengalami kendala dalam menyiapkan pemasaran ZenFone 5Z, dan hingga kini masih belum bisa menjual ponsel tersebut di Indonesia.

Namun, dia menjanjikan ZenFone 5Z akan segera menyapa para penggemar gadget Indonesia dalam waktu dekat.

“Ada sedikit masalah, tapi kami akan kejar terus secara lokal. ZenFone 5Z mungkin akan hadir di Indonesia pada awal September,” ujar Lin ketika ditemui KompasTekno usai acara peluncuran duo laptop gaming Asus ROG di Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Lin tidak menjabarkan lebih lanjut apa persisnya “masalah” yang dialami Asus dalam persiapan merilis ZenFone 5Z di Indonesia.

Baca juga: Asus Zenfone Ares Meluncur dengan RAM 8 GB, Harga Rp 4 Jutaan

Kendala TKDN

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat dihubungi secara terpisah, Head od Public Relations and E-Marketing Asus Indonesia, Muhammad Firman mengatakan bahwa kendala dimaksud terkait dengan pemenuhan syarat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Salah satu ketentuan ponsel 4G yang akan dijual di Indonesia adalah memenuhi TKDN dengan bobot setidaknya 30 persen yang bisa ditempuh lewat jalur hardware, software, atau komitmen investasi.

Senada dengan Lin, Firman mengatakan seharusnya ZenFone 5Z akhirnya akan dirilis di Indonesia dalam waktu dekat.

Regional Director South East Asia Asus Benjamin Yeh mengumumkan harga kedua versi ZenFone 5Z dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (17/5/2018).KOMPAS.com/ OIK YUSUF Regional Director South East Asia Asus Benjamin Yeh mengumumkan harga kedua versi ZenFone 5Z dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (17/5/2018).

“Akhir bulan ini (Agustus) akan dijual versi (RAM) 6 GB/(storage) 128 GB. Versi 8 GB/256 GB akan menyusul di bulan September,” ujar Firman.

ZenFone 5Z sempat digadang-gadang bakal menjadi smartphone berbasis Snapdragon 845 pertama di Indonesia. Namun, lantaran penundaan jadwal rilis, ZenFone 5Z kini telah disalip oleh ponsel lain yang juga mengusung Snapdragon 845, seperti Find X dari Oppo.

Pada waktu peluncuran, Asus menjanjikan ZenFone 5Z varian 6GB/128 GB akan dijual seharga 6,5 juta di Indonesia. Sementara, varian 8 GB/ 256 GB bakal dijual dengan banderol Rp 7,5 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.