Kompas.com - 15/08/2018, 17:43 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Sebagai salah satu pemimpin dalam bidang teknologi dan manufaktur panel display OLED, tak mengherankan bahwa Samsung mampu memproduksi layar smartphone dengan kualitas cemerlang.

Perusahaan ini pun rupanya terus berinovasi sehingga layar smartphone bikinannya senantiasa mengalami peningkatan. Model teranyar Samsung, Galaxy Note 9, kembali berhasil menyabet penghargaan layar terbaik dari DisplayMate.

Galaxy Note 9 mencatat rating “A+” yang merupakan nilai tertinggi dari DisplayMate, dengan rating “very good” hingga “excellent” di semua kategori pengujian.

Sang smartphone berpena stylus tersebut juga memecahkan rekor nilai di sejumlah parameter, seperti akurasi warna dan rasio kontras yang disebut tertinggi di antara layar smartphone oleh DisplayMate.

Demikian juga dengan kecerahan layar (brightness) Galaxy Note 9 yang mencapai antara 710 hingga 1.050 nits dengan mode High Brightness. Kecerahan layar Galaxy Note 9 disebut 27 persen lebih tinggi dibandingkan pendahulunya, Galaxy Note 8.

Sementara itu, tingkat refleksi (pantulan) layarnya tercatat terkecil dengan angka 4,4 persen. Lalu, variasi kecerahan dengan perubahan viewing angle juga minim dengan angka 27 persen di sudut 30 derajat.

“Galaxy Note 9 memiliki layar smartphone paling inovatif dan berkinerja tertinggi yang pernah kami uji, memecahkan banyak rekor performa layar,” sebut DisplayMate, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Central, Rabu (15/8/2018).

Laporan DisplayMate selengkapnya mengenai Samsung Galaxy Note 9 dapat dilihat di tautan berikut.

Baca juga: Fungsi Baru S Pen Galaxy Note 9, Tombol Selfie dan Pengontrol Presentasi

Galaxy S9 dan Galaxy Note 8 sebelumnya juga sempat memperoleh gelar smartphone dengan layar terbaik dari DisplayMate. Posisi mereka kini telah digantikan oleh Galaxy Note 9.

Pertama kali diperkenalkan apda 9 Agustus lalu, Galaxy Note 9 memiliki layar Super AMOLED QHD berukuran 6,4 inci. Dapur pacunya mengandalkan chip Exynos 9810.

Spesifikasi lain mencakup baterai 4.000 mAh, kamera ganda 12 megapiksel di punggung, dan stylus S Pen yang kini bisa berperan sebagai remote untuk sejumlah keperluan.

Di Indonesia, Galaxy Note 9 dijual dalam dua varian. Versi pertama dengan RAM 6 GB dan storage 128 GB dijual Rp 13,5 juta. Lalu varian kedua dengan RAM 8 GB dan storage 512 GB dihargai Rp 18 juta. Penjualannya digelar mulai 24 Agustus 2018.

Baca juga: Hasil Jepretan Kamera Galaxy Note 9, Dengan dan Tanpa AI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.