Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bing Bisa Pecahkan Soal Matematika dengan Foto

Kompas.com - 16/08/2018, 14:32 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Slash Gear

KOMPAS.com - Kebanyakan orang menganggap pelajaran matematika sebagai momok. Beberapa rumus dicoba untuk menyelesaikan soal hitung-hitungan, terutama jika bertemu dengan soal persamaan, aljabar, atau kalkulus.

Namun cara baru ditelurkan Microsoft untuk memecahkan soal matematika. Baru-baru ini, raksasa software tersebut memperbarui situs pencariannya, Bing di iOS.

Menariknya, salah satu pembaruan yang disematkan adalah "math mode" yang menuntaskan soal persamaan cukup dengan foto. Pengguna cukup menggunakan kamera cerdas Bing untuk mengambil gambar soal matematika yang tak kunjung menemukan hasilnya.

Caranya dengan membuka aplikasi Bing, lalu buka kamera dan ketuk tombol "math" yang ada di bawah, berada di antara mode "auto" dan "barcode". Kemudian bidik soal yang ingin dipecahkan. Tunggu beberapa saat hingga Bing mencoba memroses gambar dan model pertanyaan.

Kemudian, pengguna akan diberikan jawaban dari soal yang diunggah tanpa interaksi atau tahapan tambahan lagi. Fitur ini didukung oleh teknologi "Camera Intelligent Search Bing", atau kamera cerdas pencari dari Bing.

Pengguna iOS sudah bisa mencoba fitur ini dengan memperbarui aplikasi Bing ke versi paling baru. Microsoft belum membagi fitur ini ke pengguna Android.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Slash Gear, Kamis (16/8/2018), Microsot mengklaim jika math mode bisa dengan mudah memecahkan soal matematika hingga tingkat paling kompleks.

Baca juga: Bing Bakal Makin Pintar dengan Kecerdasan Buatan

Mode ini diklaim tak sekadar bisa menjawab soal matematika aljabar saja, namun juga kalkulus dan berbagai soal matematika lain. Tutorial penggunaan Bing untuk membantu menyelesaikan soal matematika, bisa dilihat dalam video berikut.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slash Gear


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com