Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja 16 Tahun Curi Data 90 GB dari Server Apple

Kompas.com - 17/08/2018, 19:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Remaja 16 tahun asal Melbourne, Australia harus berurusan dengan hukum setelah membobol sistem backend Apple. Aksinya disebut tidak hanya dilakukan sekali, tapi berulang kali dalam setahun ini.

Ia berhasil mengunduh file keamanan sebesar 90 GB serta akun pengguna Apple, walaupun tidak diketahui secara spesifik jaringan infrastruktur mana yang diakses diam-diam. Remaja tersebut dilaporkan mengembangkan beberapa sistem backdoor dan menyembunyikan beberapa "penemuannya".

Saat rumah orang tuanya digrebek pihak berwenang, data dan instruksi yang dicuri disimpan dalam sebuah folder dengan nama file "hack hack hack". Kepolisian Australia menyita dua unit laptop, sebuah ponsel, dan hard drive milik pelaku.

Beberapa jenis software juga dtemukan untuk membantunya melancarkan aksi, namun belum diketahui secara pasti apa fungsi software-software tersebut. Kepada kepolisian, remaja tersebut mengakui perbuatannya dan akan menjalani sidang tuntutan bulan depan.

Baca juga: iCloud Dibobol, Foto Sensual Jennifer Lawrence Beredar

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (17/8/2018), menurut pengacara pelaku, kliennya kemungkinan melakukan aksi tersebut karena rasa cintanya terhadap vendor asal Cupertino, AS itu.

"Ia bermimpi untuk bekerja di sana," ujarnya.

Sementara ini, Apple belum memberikan komentar apapun terkait kasus ini. Kejadian pembobolan data Apple bukan pertama kalinya terjadi. Banyak hakcer yang tela meretas akun iCloud para selebriti dengan cara pishing.

Mereka kerap mencuri foto-foto tidak pantas para aktris atau penyanyi perempuan ternama lalu menyebarkannya. Sebelumnya, sekelompok hacker yang mengaku bernama Turkish Crime Factory, mengklaim telah mencuri ribuan kredensial iCloud. Tapi ternyata, data tersebut hanyalah data publik yang sudah ada, lalu dipulihkan kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com