HTC Bakal Tiru Strategi Nokia

Kompas.com - 19/08/2018, 08:25 WIB
Both HTC di CES 2014 outnfront.wordpress.comBoth HTC di CES 2014

KOMPAS.com - Pendapatan HTC yang semakin terpuruk membuat vendor asal Taiwan ini perlu strategi baru. Untuk mendongkrak pendapatan, HTC dikabarkan akan meniru strategi yang dilakukan Nokia.

Kabar ini terendus dari kicauan sebuah akun Twitter yang kerap memberi beragam bocoran terkait tren teknologi. Menurut akun tersebut, perangkat yang tengah digarap HTC yakni U12 Life akan dibuat oleh pihak ketiga alias Original Design Manufacturer (ODM).

"Bayangkan jika Life (yang diduga U12 Life) hadir dengan Android 8.1. Fakta menariknya adalah, perangkat ini bakal dibuat oleh ODM," ungkap akun @LlabTooFeR tersebut.

Kabar ini tentu belum dapat dipastikan kebenarannya. Pasalnya belum ada keterangan resmi dari HTC. Namun jika benar, maka ponsel HTC U12 Life ini bakal menjadi awal kerjasama antara HTC dengan pihak ketiga.

Perlu diketahui bahwa ketika sebuah perusahaan menggandeng pihak ketiga untuk memproduksi produknya, maka ada sejumlah kemungkinan.

Baca juga: HTC U12+ Resmi Meluncur dengan 4 Kamera

Kemungkinan pertama, HTC akan menggandeng pihak ketiga yang hanya bertindak sebagai manufaktur atau perakit barang. Ini seperti yang dilakukan Apple dan Foxconn.

Meski Foxconn membuat dan merakit produk-produk Apple, strategi bisnis, desain, dan hal-hal krusial lain masih berada di bawah kendali penuh Apple. Sehingga Foxconn hanya sebatas perakit barang.

Namun HTC bisa saja meniru strategi bisnis Nokia yang berafiliasi dengan HMD Global melalui kesepakatan lisensi.

Lewat kesepakatan ini, Nokia memberikan mereknya kepada HMD Global selaku pihak ketiga. Kemudian HMD Global memiliki hak untuk merakit, mengembangkan serta memasarkan produk Nokia.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Minggu (19/8/2018), strategi ini akan dapat meminimalisasi pengeluaran HTC dan dipercaya berpeluang besar menumbuhkan kembali pendapatan perusahaan meski sedikit demi sedikit.

Pendapatan HTC sendiri tercatat terus merosot tajam. Bahkan Juli lalu, pendapatan menurun lebih dari 30 persen dari bulan sebelumnya. Ini adalah torehan negatif HTC dalam beberapa tahun terakhir.

Kendati demikian, belum ada konfirmasi dari HTC terkait kabar ini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X