Fitur "Surat Rahasia" Gmail Mulai Disebar di Android dan iOS

Kompas.com - 20/08/2018, 07:07 WIB
Aplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube. IstAplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube.

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu Google melakukan sejumlah perombakan besar pada layanan Gmail. Salah satu yang baru adalah fitur "surat rahasia" di mana e-mail yang dikirim bisa terhapus sendiri setelah dibaca dalam waktu tertentu.

Fitur ini kini telah dirilis secara resmi untuk semua layanan baik Gmail untuk Android, iOS maupun desktop. Fitur tersebut muncul dalam bentuk ikon gembok kecil bernama "confidential mode" alias "surat rahasia" di jendela penulisan e-mail (compose) di tampilan antarmuka Gmail yang baru.

Lewat fitur ini pengguna bisa menentukan batas waktu alias expiration mulai dari satu hari, satu minggu, satu bulan, hingga paling lama lima tahun agar e-mail bisa terhapus dengan sendirinya.


Dikutip KompasTekno dari Digit.In, Minggu (19/8/2018), apabila pengguna mengaktifkan fitur confidential mail dengan mengklik ikon ini, maka penerima e-mail nantinya tidak akan bisa meneruskan (forward) surat elektronik yang bersangkutan, atapupun melakukan copy-paste, mengunduh, atau mencetaknya.

Baca juga: 40 Tahun Lalu E-mail Spam Pertama Dikirim, Isinya?

Untuk memastikan bahwa penerima confidential benar-benar orang yang dituju, pengguna bisa meminta sang penerima untuk mengonfirmasikan identitasnya terlebih dahulu via kode pesan yang dikirim lewat SMS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mekanismenya ketika mode ini diaktifkan, Gmail akan mengirim e-mail tersebut tidak secara utuh pada bagian body e-mail.

Jika pengirim mengaktifkan opsi untuk menggunakan SMS Passcode untuk membuka pesan, maka penerima e-mail akan mendapatkan SMS berupa kode sandi untuk membuka surat rahasia tersebut.

Selain itu pengirim juga memiliki keleluasaan apakah pesan tersebut akan dihapus sebelum batas waktu habis atau tidak.

Jika ditelaah, mode ini mungkin terinspirasi dari film-film agen rahasia di mana pesan yang dikirim dalam bentuk audio akan otomatis terbakar beberapa detik setelah didengar. Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur ini telah hadir dan dapat digunakan meski aplikasi Gmail pada ponsel belum dilakukan pembaruan.



Sumber Digit

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.