Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Bakal Pertama Pakai Snapdragon 855?

Kompas.com - 20/08/2018, 12:21 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Setelah Snapdragon 845 yang diperkenalkan pada Desember 2017, Qualcomm diprediksi bakal meresmikan system-on-chip kelas atas berikutnya menjelang akhir tahun ini.

Meski belum diumumkan, chip yang mungkin bernama Snapdragon 855 sudah dirumorkan bakal hadir di perangkat bikinan Oppo.

Vendor gadget asal Negerti Tirai Bambu ini pun disebut-sebut akan menjadi salah satu pabrikan pertama yang mengusung Snapdragon 855 di produknya.

Snapdragon 855 kabarnya akan dibuat dengan proses fabrikasi 7nm. Inti CPU di dalamnya disinyalir menggunakan arsitektur ARM Cortex-A76 yang menawarkan peningkatan kinerja sebesar 35 persen dengan konsumsi daya 40 perseb lebih irit.

Nama sang SoC sendiri mungkin bukan “Snapdragon 855” karena Qualcomm turut digosipkan sedang mempertimbangkan skema nama baru untuk lebih membedakan SoC ini dari seri Snapdragon 850 yang ditujukan untuk laptop always connected.

Selain di ponsel kelas atas, Snapdragon 855 diprediksi juga akan digunakan di sistem navigasi kendaraan dan komputer infotainment, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Senin (20/8/2018).

Oppo diketahui menggunakan chip Snapdragon 845 di ponsel flagship Find X. Lantaran itu, tak mengherankan apabila pabrikan ini berniat melepas produk berbasis Snapdragon 855, kemungkinan tahun depan setelah SoC yang bersangkutan resmi diumumkan.

Baca juga: Oppo F9 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Di samping Snapdragon 855, Oppo turut dikabarkan bakal menjadi salah satu pabrikan pertama yang bakal meluncurkan ponsel berbasis chip MediaTek Helio P80 dan P90. Kemungkinan salah satunya bakal dipakai di smartphone seri R besutan Oppo. 

Sama seperti Snapdragon 855, kedua chip Helio ini pun belum resmi diumumkan oleh pembuatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com