Teks dan Telepon Skype Kini Dipasangi Pengaman

Kompas.com - 21/08/2018, 17:42 WIB
Fitur Private Conversation di Skype SkypeFitur Private Conversation di Skype

KOMPAS.com - Pada Januari lalu, Skype sesumbar sedang menguji coba fitur percakapan teks dan panggilan yang terenkripsi end-to-end. Enkripsi atau pengamanan menggunakan Signal Protocol menggunakan Open Whisper Systems.

Berbulan - bulan diuji coba, akhirnya fitur tersebut mulai tersedia di semua pengguna platform Skype, yakni Android, iOS, Linux, dan Windows Desktop. Chat yang terenkripsi bisa dicoba di fitur "Private Conversation" yang bisa ditemukan di menu "compose" atau bisa juga dari profile akun yang akan dikirimi pesan.

Metode enkripsi dibutuhkan agar pesan yang terkirim tidak mudah dicegat atau disadap di tengah-tengah, mulai dari saat dikirim hingga diterima.

Nantinya, setiap kali pengirim menggunakan Private Conversation, penerima pesan akan mendapatkan sebuah undangan. Setelah undangan disetujui oleh si penerima pesan, maka semua panggilan dan pesan yang ada di percakapan akan terenkripsi end-to-end sampai pengguna mengakhiri percakapan.

Baca juga: Percakapan Skype Akhirnya Bisa Direkam

Untuk mengakhiri percakapan rahasia cukup bertahap-tahap. Pertama, klik bagian atas chat, kemudian pergi ke "chat setting" dan pilih "end private conversation". Jika ingin memulai percakapan rahasia dengan akun yang sama, cukup kirim undangan baru lagi.

Sementara untuk memulai panggilan terenkripsi, caranya hampir sama. Buka Privat Conversation atau pilih yang sudah ada, lalu pilih tab "Private" yang ada di atas percakapan. Lantas klik tombol "Private Call".

Pengguna juga bisa menghapus riwayat percakapan rahasia. Caranya, klik bagian atas chat, pergi ke menu "setting" lalu pililh "delete private conversation". Sayangnya, dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (21/8/2018), pengguna hanya bisa melakukan satu percakapan rahasia menggunakan satu perangkat.

Percakapan rahasia bisa saja dialihkan ke perangkat baru, tapi semua pesan dan panggilan yang mereka kirim dan terima tidak bisa ditransfer dari perangkat yang digunakan sebelumnya.

Enkripsi ini agaknya berbeda dengan yang berlaku di platform lain seperti WhatsApp. Sebab enkripsi dalam Skype sifatnya opsional, bukan bersifat default. Namun tidak ada salahnya untuk mengandalkan fitur enkripsi ini demi keamanan percakapan yang sensitif.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X