Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Nova 3 Hasil Jepretan Ponsel atau DSLR, Ini Jawaban Huawei

Kompas.com - 22/08/2018, 16:15 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Huawei membikin video iklan singkat untuk mempromosikan smartphone seri Nova 3 di Mesir.

Iklan tersebut berbuah blunder lantaran belakangan beredar kabar bahwa jepretan selfie yang ditampilkan merupakan tangkapan kamera DSLR, bukan sang ponsel.

Menanggapi hal tersebut, pihak Huawei mengatakan bahwa di akhir video sebenarnya sudah mencantumkan pernyataan klaim (disclaimer). Isinya menegaskan bahwa foto-foto yang ditampilkan dalam iklan hanya untuk keperluan ilustrasi saja.

Menurut Huawei, tidak ada pernyataan bahwa rangkaian foto menawan tersebut benar merupakan jepretan kamera ponsel Nova 3.

Baca juga: Huawei Ketahuan Pakai Kamera Ponsel untuk Iklankan Foto Selfie

“Bisa ada perbedaan antara visualisasi dan ukuran produk, dibanding keadaan sebenarnya. Begitu juga dengan konten dalam iklan,” bunyi penggalan disclaimer itu, berdasarkan hasil terjemahan yang dikirimkan oleh Huawei Indonesia ke KompasTekno, Selasa (21/8/2018).

Masalahnya, menurut PR Manager Huawei Indonesia Bianca Resita Djemat, disclaimer tertulis dalam bahasa Arab lantaran ditujukan untuk konsumen di Mesir.

“Oleh karena itu mungkin kebanyakan konsumen tidak menyadari bahwa kami sudah menyatakan disclaimer,” ujar Bianca.

Kalimat disclaimer dalam font berukuran kecil (bagian bawah layar) di akhir video iklan Huawei Nova 3 yang ditayangkan di Mesir. Huawei Kalimat disclaimer dalam font berukuran kecil (bagian bawah layar) di akhir video iklan Huawei Nova 3 yang ditayangkan di Mesir.

Sebelumnya, Huawei dikabarkan memakai hasil foto dari DSLR untuk menggambarkan jepretan selfie ponsel Nova 3 dalam iklan. Hal ini mengemuka setelah aktris wanita dalam iklan mengunggah sejumlah foto behind the scene produksi video ke akun Instagram miliknya.

Dalam salah satu foto terlihat pemeran pria sedang berakting merentangkan tangan seolah mengambil selfie. Namun, tangannya tak menggenggam apa-apa.

Seorang kru lain terlihat memposisikan kamera DSLR di dekat tangan sang pria untuk menirukan sudut pandang kamera smartphone saat dipakai selfie.

Keganjilan ini kemudian diberitakan sejumlah outlet media online internasional lantaran dipandang bersifat misleading dan bisa membuat calon konsumen keliru menganggap jepretan selfie Nova 3 memang semenawan foto-foto yang terlihat daalm video.

Tayangan iklan Huawei Nova 3 versi Mesir selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com