Microsoft Hadirkan Minecraft Education Edition di iPad

Kompas.com - 23/08/2018, 06:48 WIB
Minecraft MojangMinecraft
|

KOMPAS.com - Microsoft mengumumkan akan membawa game Minecraft Education Edition ke perangkat iPad. Game Minecraft versi edukasi yang pertama kali dirilis pada 2016 ini sebelumnya telah tersedia untuk perangkat Windows 10 dan Mac.

Video game Minecraft Education Edition sejatinya bukan game biasa. Permainan virtual ini dijadikan sebagai alat bantu belajar oleh para guru untuk menyampaikan pembelajarannya pada murid dalam beberapa waktu terakhir.

Menurut General Manager Minecraft Education, Deirdre Quarnstorm, dengan hadirnya permainan ini pada perangkat iPad diharapkan para pengajar bisa lebih eksploratif lagi dalam menyajikan pembelajaran lewat medium Minecraft Education.

"Tujuan kami adalah untuk memberdayakan setiap pendidik dan pelajar dengan Minecraft sebagai platform untuk pembelajaran mendalam dan eksplorasi yang kreatif," ungkap Deirdre sebagaimana dikutip KompasTekno dari Cnet, Kamis (23/8/2018).

"Banyak pelanggan kami yang mengatakan bahwa mereka menggunakan beberapa perangkat untuk bermain game ini. Ini membuat kami lebih bersemangat untuk memperluas penggunaan Minecraft Education ke platform yang banyak digunakan oleh siswa dan guru," lanjutnya.

Saat ini Minecraft Education sudah digunakan di lebih dari 40 negara di dunia. Bahkan menurut data Microsoft, sudah ada sekitar 35 juta guru yang mengantongi lisensi perangkat lunak ini.

Minecraft versi edukasi memang berbeda dengan versi reguler. Di mana untuk edisi edukasi ini pengguna dapat mengeksplorasi mata pelajaran seperti sains, teknologi, matematika, bahasa hingga sejarah lewat permainan ini.

Permainan Minecraft sendiri telah hadir pada perangkat iPhone dan iPad sejak 2011 lalu. Kemudian pada 2014 Microsoft mengakuisisi pengembang Minecraft yakni Mojang dengan harga 2,5 miliar dollar AS.

Baca juga: Microsoft Beli Pembuat Game Minecraft Rp 30 Triliun

Permainan virtual bergenre sandbox ini menjadi salah satu game terpopuler sepanjang masa. Bahkan di toko aplikasi baik Google Play Store maupun App Store, permainan ini menjadi salah satu aplikasi berbayar yang selalu masuk peringkat 10 besar terlaris.



Sumber CNET

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X